Beranda Pemerintahan Wabup Pandeglang Minta Instansi Terkait Tingkatkan Koordinasi Hadapi Cuaca Buruk

Wabup Pandeglang Minta Instansi Terkait Tingkatkan Koordinasi Hadapi Cuaca Buruk

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto W Arban

 

PANDEGLANG – Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban meminta instansi terkait untuk lebih meningkatkan koordinasi. Mengingat sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), curah hujan di Pandeglang dalam beberapa waktu ke depan akan semakin tinggi.

Menurut Tanto, koordinasi dini perlu dilakukan menghadapi datangnya cuaca ekstrem di Pandeglang dalam dua hingga tiga bulan ke depan. Koordinasi dini itu perlu dilakukan sesuai arahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akhir tahun lalu.

“Dua atau tiga bulan ke depan, akan terjadi cuaca ekstrem. Pandeglang ini kan zona merah, rawan bencana. Jadi kami harap ada koordinasi dini sesuai arahan BNPB di akhir tahun lalu, untuk di 18 kecamatan dilakukan mitigasi,” katanya (8/1/2020).

Katanya, koordinasi lintas sektoral mulai koordinasi dengan Polri, TNI, Dinkes dan BPBD harus sudah dilakukan agar ketika terjadi bencana mereka sudah mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing.

Tanto melanjutkan, menghadapi cuaca ekstrem kali ini, Pemerintah Daerah juga sudah memerintahkan camat berserta jajaran dan BPBD, untuk memonitoring sejumlah daerah yang berpotensi dilanda bencana.

“Kami sudah menyampaikan hal itu kepada seluruh institusi. Lagi pula potensi ini kan sudah setiap tahun terjadi. Jadi kami hanya mengingatkan saja mewaspadai potensi curah hujan tinggi dan cuaca ekstrem diawal tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto menambahkan, pihaknya telah menyiagakan puluhan personelnya untuk menghadapi bencana. Bahkan Polres juga menyiapkan tim identifikasi serta Urusan Kesehatan (Urkes), guna memberi pertolongan bagi warga yang menjadi korban bencana.

“Kami sudah persiapkan termasuk kerja sama dengan Dinkes untuk memberikan pertolongan bagi korban-korban yang mengalami sakit, secara psikologis maupun fisik. Dengan jumlah personel 849, tentunya kalau memang dibutuhkan dalam kondisi apapun, semuanya juga siap,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini