Beranda Pendidikan Wabup Lebak: Pembina Pramuka Harus Mengenal Semua Disiplin Ilmu

Wabup Lebak: Pembina Pramuka Harus Mengenal Semua Disiplin Ilmu

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, membuka kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Angkatan ke – 155 yang digelar di SDN 1 Muara Dua Kecamatan Cikulur, Lebak, (2/01/2019)

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, membuka kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Angkatan ke – 155 yang digelar di SDN 1 Muara Dua Kecamatan Cikulur, Lebak, (2/01/2019).

Ade Sumardi yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lebak, berharap ada berkelanjutan kegiatan Pramuka ditingkat Gugus Depan (Gudep), Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak.

Menurut Wabup, KMD yang dilaksanakan dari 1-6 Januari 2019 bertujuan untuk membentuk jiwa-jiwa Pembina yang siap diterjunkan ke Gugus Depan.

“Pembina Pramuka harus mengenal semua disiplin ilmu agar bisa mencetak SDM yang berkualitas” ujarnya, Rabu (2/1/2019).

Wabup mengatakan bahwa untuk menghadapi bonus demografi bangsa, kita harus mempersiapkan SDM yang berkualitas. Sehingga dengan kegiatan KMD ini diharapkan bisa mencetak Pembina yang siap terjun dengan mengaplikasikan ilmu yang diterimanya sesuai pola-pola pembinaan yang diberikan dalam KMD ini.

“Semua ilmu yang didapat bisa diterapkan lingkungan masing-masing, agar anak didik kita bisa lebih baik dari kita” Kata Wabup.

Sementara Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Cikulur, Cecep Hidayat mengatakan bahwa KMD ini sangat penting bagi calon Pembina yang akan terjun langsung di Gugus Depan. Selain calon Pembina diberi materi-materi yang saling berhubungan tentang kepramukaan peserta juga akan dibekali dengan materi-materi kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Sesuai amanat kakwarcab, kami juga harus mencetak insan yang siap menjadi duta bagi masyarakat dalam kebencanaan” ujarnya.

Menurut Cecep, hal tersebut sangat penting mengingat banyaknya bencana yang terjadi akhir-akhir ini disekitar kita. Selain itu, cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini bisa saja memerikan dampak yang buruk bagi masyarakat, seperti longsor, banjir, gempa bumi dan bencana alam lainnya.

“Oleh karena itu pramuka harus tampil didepan dan harus siap menjadi duta yang dapat memberikan arahan kepada masyarakat untuk menghadapi bencana,” katanya. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini