Beranda Kesehatan Volume BAB Tiba-tiba Banyak, Mungkin Ini Penyebabnya

Volume BAB Tiba-tiba Banyak, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Banyaknya volume BAB (Buang Air Besar) tiap hari tidak ada ukuran pasti. Sebuah data menyebut, bila ditotal dalam setahun seseorang bisa menghasilkan rata-rata 145 kg tinjaatau kurang lebih seukuran panda dewasa.

Per hari, diperkirakan seseorang menghasilkan 400-500 gram tinja. Volume ini dipengaruhi oleh sangat banyak faktor, termasuk asupan nutrisi dan sistem metabolisme.

Nah bila suatu ketika mengalami BAB dengan volume tinja lebih banyak dari biasanya, maka ada beberapa kemungkinan penyebab seperti dikutip dari detik.com berikut:

1. Tandanya lebih sehat

Rudy Bedfodr, seorang ahli pencernaan di California menyebut asupan fiber atau serat adalah penyebab paling umum ketika seseorang BAB lebih banyak dari biasanya. Artinya, seseorang sedang lebih banyak makan sayur dan buah.

2. Ada infeksi

BAB yang lebih banyak juga bisa berarti diare. Salah satu penyebab diare adalah infeksi baik virus maupun bakteri.

3. Sedang rajin olahraga

Kontraksi otot saat olahraga menyebabkan usus tertekan, sehingga pergerakan mendorong tinja jadi lebih intens. Itu sebabnya dokter menyarankan untuk rajin olahraga bila tidak ingin mengalami sembelit atau konstipasi.

4. Stres

Pada sebagian orang, stres adalah pemicu rangsang BAB. Makin sering stres, usus jadi lebih aktif mendorong kotoran sisa metabolisme.

5. Menstruasi

Pengaruh hormon saat menstruasi juga berdampak pada sistem metabolisme. Beberapa perempuan mengalami BAB yang lebih sering, dan lebih banyak saat datang bulan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News