Beranda Kesehatan Virus Corona Masuk Perbatasan Tangsel, Wakil Walikota Sebut Sudah Siagakan Petugas Kesehatan

Virus Corona Masuk Perbatasan Tangsel, Wakil Walikota Sebut Sudah Siagakan Petugas Kesehatan

Ilustrasi - foto istimewa Pos Kota

TANGSEL – Wabah virus Corona kini telah menjangkit seorang ibu (64) asal Kota Depok, dan putrinya(31) yang ditularkannya dari seorang warga Jepang saat berkunjung ke rumahnya.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Seperti diketahui, penyebaran virus corona bisa sangat cepat melalui media udara, baik antar manusia dengan manusia maupun hewan dengan manusia.

Sementara, Kota Depok yang menjangkit seorang ibu dan anak tersebut merupakan Kota paling dekat dan perbatasan dengan Tangerang Selatan (Tangsel).

Untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel menyiagakan petugas medis di setiap Puskesmas agar mengisolasi pasien yang terkena dampak virus yang berasal dari China itu.

“Kami sudah sejak kemarin-kemarin berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar jika ada warga terkena ciri-ciri virus Corona segera diisolasi. Kami sudah sediakan ruang isolasi di RSU Tangsel,” terang Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie kepada BantenNews.co.id, Senin (2/3/2020).

Namun, kata Ben, RSU Tangsel tidak menjadi Rumah Sakit rujukan bagi korban virus Corona.

“Itu berdasarkan menteri kesehatan, tapi yang menjadi rujukan itu RSU Tangerang. Jadi jika ada korban Corona di Tangsel, kita isolasi dulu di sini, lalu dibawa ke RSU Tangerang,” ujarnya.

Pemkot Tangsel, lanjut Ben, tidak membuat posko kesehatan di perbatasan Depok untuk memeriksa warga melintas.

“Tidak sampai ke situ. Kita tidak memeriksa warga yang datang dari Depok apakah terjangkit atau tidak. Ya langkah kita sih mensiagakan petugas kesehatan di Puskesmas-puskesmas, RSUD, dan RSU swasta,” paparnya.

Jika di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) menemukan kasus virus Corona, kata Ben, segera melaporkan ke Puskesmas wilayah kerjanya.

“Kemudian Puskesmas berkoordinasi dengan RSU Tangsel, dari RSU Tangsel berkoordinasi lagi dengan RSU Kabupaten Tangerang. Jadi itu langkah-langkahnya,” pungkasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini