Beranda Peristiwa Viral! Kota Serang Dinilai Belum Pantas Jadi Ibu Kota Provinsi Banten

Viral! Kota Serang Dinilai Belum Pantas Jadi Ibu Kota Provinsi Banten

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Baru-baru ini jagat media sosial dihebohkan oleh cuitan dari Emerson Yuntho, Peneliti yang bernaung di Visi Integritas. Dalam unggahannya, ia menyoroti kelayakan Kota Serang yang saat ini menjadi ibu kota Provinsi Banten.

Dalam unggahannya pada 5 Februari 2023, Emerson menilai Kota Serang belum pantas untuk menjadi ibu kota dari Provinsi Banten. Cuitan tersebut pun viral dan telah dilihat oleh 355 ribu pengguna, dibanjiri 1.719 likes, di retweet sebanyak 338 kali, di quote 239 kali serta mendapat 335 komentar.

“Baru balik dari Kota Serang- Banten, ga ada pantes2nya kota ini jadi Ibu Kota Provinsi,” tulis Emerson dalam akun miliknya @emerson_yuntho.

Tak sedikit juga netizen yang sepakat dan menilai Kota Serang masih perlu berbenah untuk menjadi ibu kota Provinsi Banten.

“Saya asli serang, sedikit nyesek bacanya tapi ya emang bener! Yaa mau gimana lagi,” kata akun @vxxxxx.

“Sebagai orang serang asli saya ga bisa membantah…,” ucap akun @fyyyyy.

Kota Serang sendiri merupakan daerah otonom hasil pemekaran dari Kabupaten Serang yang kemudian pada tahun 2007, Kota Serang resmi ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Banten.

Meski status ibu kota Provinsi Banten telah disandang selama 15 tahun, pembangunan serta tata ruang di kota tersebut dinilai tampak tidak maksimal layaknya ibu kota pada provinsi lainnya. Akses transportasi umum juga kerap kali dikeluhkan warga Kota Serang maupun pendatang.

Menanggapi cuitan viral tersebut, Walikota Serang Syafrudin mengatakan untuk membangun dan memelihara Kota Serang yang masih berusia 15 tahun ini dibutuhkan dari berbagai pihak.

“Kota Serang baru berusia 15 tahun, yang mana di dalam pembangunan dan pemeliharaan nya mash memerlukan bantuan baik dari Pusat dan Provinsi. Kota Serang ini merupakan representatif Ibu Kota Provinsi tentunya jalan-jalan nya harus mendapatkan prioritas baik perbaikan ataupun dari Kualitas dan estetika nya, mudah-mudahan pembangunan dan pemeliharaan kedepan dapat memberikan manfaat kepada Masyarakat Kota Serang,” ujar Syafrudin.

“Yuk warga serang mulai berbenah yuk, mulai kesadaran diri masing2nva seperti buang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan, hidup sehat dil. Doakan semoga Kota Serang lebih baik, aamiin,” ucapnya. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini