Beranda Kesehatan Vaksinasi Tahap Pertama, Dinkes Tangerang Target 11.113 Dosis

Vaksinasi Tahap Pertama, Dinkes Tangerang Target 11.113 Dosis

721
0
Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi menunjukkan Vaksin Sinovac

TANGERANG – Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi mengatakan target tahap pertama vaksinasi di Kota Tangerang sekitar 11.113 Dosis. Vaksinasi juga akan dilakukan sebanyak dua kali dengan jeda 14 hari setelah vaksin pertama.

“Dan untuk beberapa orang yang memiliki penyakit komorbid (penyerta-red) yang pernah terkena covi, ibu menyusi serta ibu hamil tidak diperbolehkan untuk divaksin,” ujarnya, Sabtu (23/1/2021).

Diketahui Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melaui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menerima vaksin Sinovac sebanyak 22.280 dosis
dari Dinkes Provinsi Banten.

Pendistribusian dilaksanakan di Kantor Dinkes Kota Tangerang di Jalan Bango Raya No 9 RT 01, RW 013 Cibodasari, Kecamat Cibodas, Kota Tangerang dengan pengamanan ketat aparat kepolisian.

dr Liza Puspadewi melanjutkan vaksin Sinovac tahap pertama tersebut untuk vaksinasi para tenaga medis termasuk pegawai Dinkes yang berjumlah sebanyak 190 orang.

“Insyaal Allah vaksinasinasi akan dilaksanakan pada Minggu 24 Januari 2021 tepatnya Pukul 09:00 WIB. Untuk pelaksanaan vaksinasi sendiri akan dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dan sudah dipersiapkan sebaik mungkin melalui protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk tahap selanjutnya, kata dia, vaksinasi akan dilaksanakan di 38 fasilitas kesehatan lainnya seperti Puskesmas, Rumah sakit dan Klinik yang berada di Kota Tangerang.

“Adapun untuk penyaluran vaksin akan dilaksanakan pada hari Minggu ini, sehingga Senin pagi sudah bisa dilakukan vaksinasi dan besoknya bisa langsung disalurkan kepada rumah sakit,” terangnya.

Dia menuturkan Dinkes Kota Tangerang juga telah menyediakan ruang penyimpanan yang berisi 10 cold chain TCW 3000 serta menyiapkan sebanyak 565 vaksinator.

“Untuk masing-masing chold chain mempunyai kapasitas 150 liter dengan total 22.280 dosis, jadi kami hanya mempergunakan empat kotak saja. Jika ada pengiriman dalam jumlah besar insya Allah kami masih bisa menampung,” katanya.

Dia berharap dengan adanya Vaksin Sinovac tersebut dapat meningkatkan imunitas tubuh warga, khususnya pada masyarakat Kota Tangerang.

“Walaupun sudah ada vaksin masyarakat harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan tidak boleh diabaikan, dan tetap melakukan pembatasan supaya bisa memutus rantai penyebaran Covid-19,” imbaunya.

(Nam/Red/SG/Tra)