Beranda Kesehatan Vaksinasi anak di Kabupaten Lebak Baru 22 Persen, Kendalanya yakni Izin Dari...

Vaksinasi anak di Kabupaten Lebak Baru 22 Persen, Kendalanya yakni Izin Dari Orang Tua

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak menargetkan sekitar 70 persen vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Saat ini sasaran vaksinasi untuk anak menyasar sekolah khususnya sekolah dasar, dan kedepannya vaksinasi anak juga akan dilakukan ke Pondok Pesantren.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, Triatno Supioyono mengatakan, bahwa sampai hari ini vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Lebak baru mencapai angka 148 ribu lebih, dan akan terus dilakukan.

“Untuk saat ini kita baru mencapai sekitar 22 persen untuk vaksinasi anak,”kata Pion sapaan akrabnya, Jumat (11/2/2022).

Ia menjelaskan, jika vaksinasi anak di Kabupaten Lebak tersebut masih terkendalanya ijin dari orang tua siswa. Karenanya, kita harus bekerja keras untuk menyakini orang tua siswa akan manfaatnya vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Untuk vaksinasi anak tersebut kan harus didampingi orang tua saat melaksanakan vaksinasi. Jadi itu kendala yang agak repot, todak seperti orang dewasa,”ucapnya.

Ia juga menambahkan, jika pendampingan orang tua untuk vaksinasi tersebut bertujuan untuk menjelaskan proses screening sebelum pelaksanaan vaksinasi. Dan screening juga untuk mengetahui apakah anak tersebut bisa dilakukan vaksinasi atau tidak.

“Kalau tanpa pendampingan orang tua bagaimana anak bisa menjelaskan riwayat penyakitnya. Kan yang tahu riwayat penyakit anak tersebut orang tuanya,”pungkasnya. (Tra/San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ