Beranda Kesehatan Vaksin Covid-19 untuk Pandeglang Diperkirakan Turun di Februari

Vaksin Covid-19 untuk Pandeglang Diperkirakan Turun di Februari

Ilustrasi. (Foto : kompas.com)

PANDEGLANG – Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Pandeglang diperkirakan baru bisa diambil pada Februari 2021 mendatang. Vaksin tersebut rencananya akan diberikan terlebih dahulu untuk petugas kesehatan.

“Tahap pertama Kabupaten Pandeglang terjadwalkan termin kedua di bulan Februari untuk pengambilannya ke Provinsi Banten,” kata Jubir Penanganan Covid-19 Pandeglang Achmad Sulaeman usai Rapat Koordinasi Sosialisasi Vaksin Covid-19 di Oproom Setda Pandeglang, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, karena Kabupaten Pandeglang terjadwalkan pada bulan Februari membuat satgas bisa leluasa untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Kata Sulaeman, baik tempat penyimpanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) ataupun kesiapan Tenaga Kesehatan sudah persiapkan agar sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), hingga pembentukan pokja untuk menilai efek samping KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

“Jumlah vasksin yang dibutuhkan untuk nakes di Pandeglang kurang lebih sebanyak 2.343. Kita akan dapet 443 pial, jika 1 pial untuk 10 orang, kita dapet 4.430 dosis. Ini bukan hal kecil, kami akan bekerja sama dengan seluruh komponen misalkan dalam pengawalan yang akan melibatkan TNI dan Polri,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menambahkan, walaupun nanti akan ada imunisasi vaksin Covid-19, seluruh masyarakat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan 5 M.

“Bahwa 5 M itu merupakan bentuk tambahan dari 3 M sebelumnya yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak kemudian ditambah Menjauhi Kerumunan dan Makan Makanan Bergizi guna meningkatkan imun,” tambahnya. (Med/Red/SG)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini