Beranda Kesehatan Ustadzah di Pandeglang Ajak Anak Terapkan Gerakan 3M Sambil Mengaji

Ustadzah di Pandeglang Ajak Anak Terapkan Gerakan 3M Sambil Mengaji

Ustadzah Ida Suhaeti asal Kampung Babakan Nangka, Desa Kadudampit, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang saat mengajar mengaji dengan diselingi edukasi gerakan 3 M pada anak muridnya - (Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Kampanye pola hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan terutama gerakan Memakai Masker Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak (3M) terus digaungkan oleh semua elemen pemerintah dan masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Ustadzah Ida Suhaeti asal Kampung Babakan Nangka, Desa Kadudampit, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang ini. Selain mengajarkan anak-anak mengaji, dirinya juga memberikan contoh langsung bagaimana cara menerapkan gerakan 3M dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya mengajak masyarakat terutama anak-anak yang belajar mengaji untuk menerapkan gerakan 3M, contohnya mencuci tangan kami lakukan dengan berwudhu secara baik dan benar, terus bagaimana menjaga jarak saat mengaji dan menggunakan masker,” jelas Ida, Kamis (5/11/2020).

Selain diberikan contoh secara langsung, dirinya mengaku memberikan edukasi tentang pentingnya pola hidup sehat. “Jadi biasanya setelah mengaji selesai saya kasih tahu tentang pola hidup sehat, sebab kan kebersihan sebagian dari iman,” ucapnya.

Kata dia, pola hidup sehat dan protokol kesehatan harus diajarkan sejak dini pada anak-anak agar mereka bisa memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau orang dewasa mungkin sebagian sudah pada paham tentang protokol kesehatan tapi kalau anak-anak selain diberikan pemahaman harus kita berikan contoh juga. Anak-anak ini generasi penerus bangsa jadi harus pada sehat tentunya apalagi ini lagi pandemi,” ungkapnya.

Ia menambahkan selain memberikan pemahaman pada anak-anak, gerakan 3 M juga terus digaungkan pada ibu-ibu pengajian di kampungnya.

“Kalau pada ibu-ibu biasanya saya sampaikan gerakan 3M saat pengajian kampung, jadi biasanya usai pengajian saya sampaikan pada mereka tentang protokol kesehatan. Selain saya, ibu RT, RW dan ibu Kades juga biasanya menyampaikan hal itu sama peserta pengajian,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan disiplin menerapkan gerakan 3 M pandemi Covid-19 bisa segera pulih dan masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala.

“Kalau kita disipilin mengikuti anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan saya yakin penularan Covid-19 bisa ditekan dan semoga Corona segera pergi dari dunia ini,” harapnya.

(Med/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini