Beranda Gaya Hidup Usir Rasa Kesepian dengan Cara Ini

Usir Rasa Kesepian dengan Cara Ini

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Ada kalanya seseorang merasa kesepian meski berada di antara teman-teman ataupun keluarganya, rasa kesepian yang kerap dirasakan sebenarnya masih dianggap normal. Tetapi jika rasa kesepian yang terjadi dalam waktu panjang, harus segera diatasi untuk mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi.

Rasa kesepian yang terjadi secara mendalam bisa memicu dampak tidak baik bagi kesehatan tubuh seperti stres, gangguan tidur, meningkatnya tekanan darah, dan lemahnya daya tahan tubuh.

Melansir pantau.com, jangan mengira bahwa perasaan kesepian hanya muncul karena belum memiliki pasangan atau menikah saja. Hasil penelitian mengungkapkan orang yang sudah menikah pun masih mungkin mengalami kesepian. Oleh karena itu, agar kesepian tidak terjadi berlarut-larut dan mengganggu kesehatan, cobalah melakukan beberapa langkah berikut untuk mengusir kesepian:

1. Lakukan berbagai aktivitas rutin

Rasa kesepian cenderung untuk terus melanda jika diam saja sambil meratapi keadaan. Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas rutin akan membantu mengusir perasaan yang tidak nyaman ini.

2. Bergabung dengan orang lain

Jangan ragu untuk bergabung ke dalam berbagai kegiatan berkelompok. Saat beraktivitas, akan banyak berhubungan dengan orang-orang di sana. Mengobrol, melakukan kegiatan bersama, beraktivitas dengan orang baru yang berbeda-beda, lambat laun akan menciptakan suasana hati yang baru.

3. Melakukan meditasi

Melakukan latihan meditasi dinilai dapat membantu mengidentifikasi masalah dan melepaskan penat yang bisa membuat rasa kesepian. Kegiatan ini dapat membuat lebih relaks, sehingga mampu mengendalikan perasaan dan perlahan melangkah maju dari rasa kesepian yang selama ini menghadang.

4. Memelihara hewan

Salah satu cara paling efektif dalam mencegah dari kesepian adalah dengan memelihara hewan. Manfaat memelihara hewan juga dapat mengurangi kesepian dengan memberikan dukungan sosial dan persahabatan. (Red)