Beranda Peristiwa Usai Dillantik, Tatu-Pandji Janji Segera Tangani Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Usai Dillantik, Tatu-Pandji Janji Segera Tangani Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Usai dilantik, Tatu - Pandji memberi keterangan pers. (Iyus/bantennews)

 

SERANG – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa berjanji segera menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Kabupaten Serang. Hal itu disampaikan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah usai dilantik di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Jumat (26/2/2021).

Tatu menilai, pandemi Covid-19 bukan hanya menjadi permaslahan kesehatan, tapi juga sektor ekonomi. Dimana, selama virus asal Tiongkok itu melanda membuat ekonomi masyarakat menjadi runtuh.

“Bicara skup ekonomi itu terdiri atas industri besar, menengah dan kecil. Kita akan buat kebijakan dalam melakukan pemulihan ekonomi untuk memulihkan perusahaan-perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar. Kami akan bangun UMKM dalam permodalan dan lain sebagainya, untuk industri besar kita juga akan keluarkan kebijakan untuk membantu mereka salah satunya dengan memberikan keringanan pajak,” kata Tatu.

Untuk industri besar, lanjut Tatu, pihaknya berharap tidak ada lagi peroalan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada masa pandemi ini yang berakibat pada meningkatnya angka pengangguran di Kabupaten Serang. “Minimal tidak ada PHK (kepada) para buruhnya,” katanya.

Dijelaskan Tatu, selain sektor industri, pihaknya juga akan melakukan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata. “Kami di Kabupaten Serang punya daerah wisata Anyer dan Cinangka. Ini perlu kita bangkitkan, (nanti) ada  beberapa kebijakan untuk mendorong agar mereka bisa hidup,” jelasnya.

Selain menyelesaikan peroalan pandemi dan pemulihan ekonomi, Tatu mengaku, dirinya bersama Pandji Tirtayasa masih mempunyai pekerjaan rumah yang belum diselesaikan terutama yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta peningkatan sumberdaya manusia (SDM).

“Fokus kami ke depan masih menyelesaikan pekerjaan rumah seperti pendidikan, kesehatan dan peningkatan SDM dan (menyelesaikan) persolana pengangguran. Kami juga akan mulai membangun Puspemkab (pusat pemerintahan kabupaten) Serang, tahun ini sudah mulai kita bangun,” tuturnya.

Menurut Tatu, untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Serang, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk sama-sama membangun daerah. “Pilkada sudah selesai, kita harus bersama, karena kebersamaan jadi modal pembangunan di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) meminta kepada dua kepala daerah yaitu pasangan Bupati-Wakil BUpati Serang Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan Walikota-Wakil Walikota Cilegon Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta hasil pilkada serentak 2020 untuk melaksanakan dua hal yaitu, meminta penanganan Covid-19 dan penanganan pemulihan ekonomi.

“Saya ucapkan selamat kepada Ibu Tatu dan Pak Pandji sebagai Bupati dan Wakil Bupati Serang dan Pak Helldy dan Pak Sanuji sebagai Walikota dan Wakil Walikota Cilehon. Saya cuma pesan dua hal, tangani Covid-19 dengan sungguh-sungguh dan tangani pemulihan ekonomi sebaik-baiknya. Untuk Cilegon segera tangani kemaksiatan yang ada di Cilegon,” kata WH.(Mir/Red)