Beranda Bisnis Upah Buruh Naik Terus, Banyak Industri Tinggalkan Banten

Upah Buruh Naik Terus, Banyak Industri Tinggalkan Banten

Massa buruh KSPI saat aksi long march di Kota Cilegon

SERANG – Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (DisnakerTrans) Banten, Alhamidi mengatakan bahwa tingginya upah minimum kabupaten dan kota (UMK) jadi salah satu faktor industri padat karya pergi ke daerah lain. Ini juga berpengaruh pada tingkat pengangguran di Banten pada posisi nomor satu se Indonesia.

“Salah satunya itu (tingginya UMK). Setinggi apapun upah tidak masalah kalau diimbangi produktivitas tinggi. Perusahaan tidak mau membayar upah melebihi produktivitas,” kata Alhamdi seperti dilansir dari detikcom, Jumat (16/11/2018).

Tapi, Alhamidi sendiri belum bisa mempublikasi berapa industri pada karya yang keluar dari Banten. Yang jelas menurutnya, mereka tidak benar-benar keluar tapi melakukan ekspansi ke daerah dengan UMK rendah seperti ke Cianjur atau Sukabumi.

“Angkanya belum bisa dijelaskan. Yang keluar bukan tutup tapi ekspansi. Kebanyakan (industri) padat karya, misalkan garmen dan industri alas kaki,” katanya.

Salah satu contohnya adalah perusahaan dengan ribuan buruh seperti Nikomas. Perusahaan ini ekspansi keluar daerah yang mengakibatkan pengurangan buruh di daerah Banten. Tapi, perusahaan ini menurutnya tidak benar-benar keluar dari Banten.

“Artinya kalau jumlah di sini 50 ribu (buruh), otomatis berkurang,” tegasnya.  (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini