Beranda Advertorial Untirta Raih Silver Winner Program Kehumasan di 2nd IDEAS 2023

Untirta Raih Silver Winner Program Kehumasan di 2nd IDEAS 2023

Prof. Aceng Hasani mewakili Untirta menerima penghargaan dari Humas Indonesia. (Ist)

SERANG – Humas Indonesia menyelenggarakan The 2nd Indonesia DEI & ESG Award (IDEAS) 2023. Acara dengan tema Mengelola Keberagaman, Menguatkan tersebut diselenggarakan di  Urbanview Hotel Belitung Lodge Resto, Kabupaten Belitung, Jumat (4/8/2023).

IDEAS merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia untuk mengukur karya-karya terbaik program komunikasi berbasis pada praktik DEI (Diversity, Equity, Inclusion) dan ESG (Environmental, Social, Governance).

Pada kesempatan ini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berhasil meraih Silver Winner dengan kategori program kehumasan berdasarkan praktik ESG.

Wakil Rektor Untirta bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri, Prof. Aceng Hasani mengatakan, dengan mengikuti kegiatan 2nd IDEAS 2023 adalah ajang untuk mengukur diri dalam hal pengelolaan kampus baik dalam hal lingkungan, keuangan, dan lainnya.

“Terutama kita sedang mengembangkan It’s Green Campus. Dengan melakukan kegiatan berupa kompetisi ini, Untirta telah memperlihatkan diri dan dinilai oleh eksternal dalam hal tata kelola kampus termasuk lembaga yang memerhatikan keterbukaan informasi, sungguh-sungguh mengelola informasi dan dihargai oleh panitia lomba dengan tiga juri yang sangat ketat dan berada pada silver winner,” ujarnya.

“Untirta sudah mempelihatkan diri merupakan perguruan tinggi yang baik setelah UGM dan IPB yang menerima gold. Ke depan diharapkan Untirta menerima gold. Oleh karena itu tim Humas harus mempersiapkan diri, terutama evaluasi dalam hal kelemahan yang tedapat pada tahun ini,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut yakni founder dan CEO Humas Indonesia Asmono Wikan, Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri, Prof. Aceng Hasani, para petinggi perusahaan dan lembaga.

Bupati Belitung, Sahani Saleh mengatakan, dengan adanya kolaborasi pemerintah daerah dan pusat, maka komunikasi sangatlah menjadi bagian penting. Adanya tema dalam ajang ini menurutnya membantu menjadi penghubung dan memberikan ruang komunikasi yang harmonis antar keduanya.

“Belitung adalah cerminan betapa komunikasi telah memainkan peran vital dalam menjaga dan mengelola keberagaman (diversity, salah satu aspek DEI). Di sinilah tempat bernaung masyarakat dari berbagai latar etnis, suku, hingga budaya,” ujar Bupati.

Sementara, Asmono menyebutkan Belitung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sarat akan keberagaman. Menurutnya, alam di Belitung sangatlah bagus. Selain itu, Belitung juga memiliki banyak aset daerah dan keberagaman yang harus dijaga dengan baik.

“Sementara para investor mencermati penerapan ESG untuk mengevaluasi kinerja perusahaan sebagai pertimbangan rencana investasi mereka,” kata Anggota Dewan Pers periode 2022 – 2025 ini.

Humas Indonesia kali ini memberikan apresiasi kepada 73 pemenang. Para pemenang dinilai berdasarkan entry dan non-entry.

Untuk penilaian berbasis entry tercatat ada 46 pemenang dari 27 instansi. Dari kategori Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik DEI ada 13 pemenang, dan 33 pemenang dari Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik ESG.

Para pemenang berbasis entry adalah peserta yang telah mengikuti babak presentasi di hadapan dewan juri pada 26 – 27 Juni 2023. Para juri meliputi Asmono Wikan (Founder dan CEO Humas Indonesia), Dyah Indrapati (Executive Director Institut Harkat Negeri dan Pakar DEI), Herry Ginanjar (Pendiri etKomunika dan pakar ESG), Emilia Bassar (CEO CPROCOM), serta Verlyana Hitipeuw (CEO and Principal Consultant Kiroyan Partners).

(adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini