Beranda Olahraga Untirta Kampus Pertama di Banten yang Punya UKM Rugbi

Untirta Kampus Pertama di Banten yang Punya UKM Rugbi

179
0
Mahasiswa Untirta sedang berlatih rugbi. (Tia/magang)

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) merupakan kampus pertama di Banten yang menjadikan rugbi ini sebagai UKM atau komunitas olahraganya. Awal mulanya olahraga rugbi ini diusulkan oleh Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Provinsi Banten.

Sepak bola rugbi (rugby) adalah permainan sepak bola tim yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim mencoba mencetak skor dengan cara menendang, melontar, atau membawa bola untuk menyentuh belakang garis lawan. Olahraga ini memang masih kurang popular di Indonesia.

Yusuf Kurnia Adji, selaku caretaker (Ketua) UKM Rugbi Untirta mengatakan bahwa sebelumnya ia mendapatkan amanah dari PRUI Banten untuk mengembangkan rugbi di kampus. Sejak saat itu Yusuf langsung menyebarkan informasi dan tak disangka ternyata banyak yang berminat untuk bergabung menggeluti olahraga rugbi.

“Sudah ada sekitar 35 orang lebih dari berbagai fakultas di Untirta dan masih akan terus bertambah, Insha Allah”, ujar Yusuf, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan eksternal ini dilakukan pada setiap Kamis dan Minggu sore. Saat ini latihannya masih di Kampus A Untirta.

Untuk peralatan tim sudah dibantu oleh PRUI Banten dan patungan mahasiswa. Saat ini ada empat orang yang melatih mahasiswa. Para pelatih ini juga atlet Rugbi Banten.

“Sebenarnya kami masih sangat membutuhkan atlet wanita dalam rugbi ini dan juga di Banten sepertinya hanya Untirta saja yang baru terdapat olahraga Rugbi,” ujarnya

Yusuf berharap mampu mengharumkan nama Untirta melalui olahraga Rugbi. (tia/magang/red)