Beranda Kampus UNSERA Wujudkan Campus Go Green, Kurangi Penggunaan Plastik

UNSERA Wujudkan Campus Go Green, Kurangi Penggunaan Plastik

SERANG – Universitas Serang Raya (UNSERA) berkomitmen untuk mewujudkan kampus yang ramah lingkungan. Salah satu upayanya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik di lingkungan kampus.

Rektor UNSERA, Abdul Malik, mengeluarkan instruksi nomor 502/01/UNSERA/IX/2023 yang menginstruksikan seluruh civitas akademika UNSERA untuk mengurangi penggunaan plastik.
Instruksi ini sejalan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga yang menargetkan pengurangan sampah plastik sebesar 30% pada tahun 2025.

“Kedepan Kita kurangi minuman kemasan plastik. Ini adalah andil kita walaupun kecil tapi insyaallah akan bermanfaat untuk lingkungan,” ungkap Abdul Malik dalam keterangannya, Sabtu (30/9/2023).

Untuk mendukung instruksi ini, UNSERA akan mengambil beberapa tindakan, antara lain:
Menyediakan dispenser air minum dan gelas minum di setiap ruangan kerja pegawai dan dosen, serta ruang pertemuan, ruang rapat, dan aula.

Mewajibkan penggunaan minuman tanpa kemasan plastik di setiap kegiatan di UNSERA, seperti rapat, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan sejenisnya.
Mendorong seluruh civitas akademika UNSERA untuk membawa botol minum pribadi.

Mengkampanyekan pengurangan penggunaan kemasan dan sampah plastik di seluruh kampus melalui media sosial dan media lainnya.
Dengan tindakan-tindakan ini, UNSERA berharap dapat mengurangi sampah plastik di lingkungan kampus secara bertahap.

“UNSERA juga ikut berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan menciptakan kesadaran akan dampak negatif sampah plastik di masyarakat,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ