Beranda Pemerintahan Unsera Bakal Sumbang Dua Aplikasi Secara Gratis untuk Pandeglang

Unsera Bakal Sumbang Dua Aplikasi Secara Gratis untuk Pandeglang

Kepala Dinas Komunikasi Sandi Informatika dan Statistik (Diskomsantik) Pandeglang, Yahya Gunawan. (Memed/Bantennews)

PANDEGLANG – Universitas Serang Raya (Unsera) rencananya bakal menyumbang 2 aplikasi secara gratis untuk digunakan OPD Pandeglang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi Sandi Informatika dan Statistik (Diskomsantik) Pandeglang, Yahya Gunawan pada wartawan.

Kata Yahya, salah satu keunggulan aplikasi itu adalah untuk menentukan skala prioritas jalan mana yang akan dibangun, sehingga bisa memudahkan Pemkab Pandeglang dalam menentukan prioritas pembangunan jalan.

“Mudah-mudahan bisa jadi alat pelengkap di samping telah kami gunakan perencanaan pembangunan dari mulai musrembang, pokok-pokok pikiran dari DPRD, nah aplikasi ini melengkapi. Nanti terukur tahun depan jalan mana yang akan dibangun jadi tidak ada yang saling mendahului minta dibangun,” jelas Yahya, Sabtu (13/7/2019).

Sedangkan manfaat bagi masyarakat yakni masyarakat bisa mengetahui dari awal kapan jalan di daerah dibangun, dengan demikian diharapkan masyarakat bisa merawat sebaik mungkin jalan yang sudah ada.

“Masyarakat juga akan tahu kapan jalannya akan dibangun, seyogyanya kalau jalan itu akan dibangun tahun depan masyarakat sebaik-baiknya memelihara jalan itu oleh masyarakat,” harapannya.

Namun sebelum sistem aplikasi tersebut digunakan dan menentukan jalan prioritas yang harus segera dibangun, OPD pengguna aplikasi ini terlebih dahulu harus meng-input data-data jalan yang ada di kabupaten Pandeglang meliputi panjang, luas dan kondisi jalan terbaru.
Kondisi jalannya di data terlebih dahulu

“Nanti aplikasi ini apabila akan digunakan oleh OPD terkait data base nya harus masuk dulu dan nanti diolah oleh sistem dan terlihat jalan mana yang prioritas. Mudah-mudahan aplikasi ini segera bisa di akses, kalau udah digunakan oleh PUPR atau Perkim ada dasboard yang bisa dilihat oleh masyarakat,” tutupnya. (Med/Red)