Beranda Pemerintahan Unsera Bakal Audit Aplikasi Milik Pemkab Pandeglang

Unsera Bakal Audit Aplikasi Milik Pemkab Pandeglang

182
0
Yahya Gunawan. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Universitas Serang Raya (Unsera) bakal mengaudit aplikasi milik Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Audit itu akan mencari tahu apakah aplikasi milik plat merah tersebut masih perlu pengembangan atau tidak.

Kepala Dinas Komunikasi Sandi Informatika dan Statistik pada Pemkab Pandeglang, Yahya Gunawan menyampaikan, kerja sama dengan Unsera sudah dimulai dari tahun lalu dimana Unsera membuat kajian data smart city berbasis kearifan lokal. Sedangkan tahun ini Pemkab Pandeglang kembali meminta bantuan untuk mengaudit aplikasi miliknya.

“Nah audit aplikasi ini berbeda dengan audit keuangan, jadi aplikasi yang kami punya dari sekian aplikasi ada 5 jenis mau diaudit oleh Unsera. Aplikasi itu yakni Yuk Nabarengan, aplikasi Yuk Bebeja, aplikasi e-proposal, aplikasi Siharpa dan aplikasi Pajak Online,” terang Yahya, Kamis (11/7/2019).

Namun sebelum tim Unsera melakukan audit, terlebih dahulu Diskomsantik akan mengumpulkan operator dari masing-masing OPD untuk diasesmen di internal Pemkab untuk memberikan penilaian dan nantinya dari penilaian masing-masing operator itu dikaji oleh Unsera.

“Nanti hasilnya 5 aplikasi yang digunakan ini seperti apa, apakah sudah cukup regulasinya, apakah aplikasinya bermanfaat untuk kami kerja atau untuk masyarakat, perlu dikembangkan tidak aplikasinya, seperti apa pengembangannya itu akan dikaji oleh Unsera,” bebernya.

Yahya memastikan, jikapun masih ada aplikasi yang perlu dikembangkan tetapi aplikasi itu tidak akan bisa dihilangkan atau dihapus, pasalnya aplikasi itu tengah digunakan oleh Pemkab Pandeglang.

“Tidak ada kemungkinan aplikasi ini dipangkas karena sedang digunakan oleh kami,” tambah Yahya. (Med/Red)