Beranda Bisnis Unik, Cafe di Kota Serang Ini Berdayakan Kaum Disabilitas

Unik, Cafe di Kota Serang Ini Berdayakan Kaum Disabilitas

Bubble Cafe and Galery, sebuah Cafe yang berada di Jalan Cipta Karya Nomor 20 RT 2 RW 4 Lontar Baru, Kecamatan Serang, Kota Serang

SERANG – Kamu ingin mencari tempat nongkrong yang berbeda dari kafe lainnya. Kini ada loh sebuah tempat nongkrong yang asyik. Dijamin berbeda dari kafe yang pernah dijumpai para kaum milenial muda dan keluarga.

Adalah Bubble Cafe and Galery, sebuah Cafe yang berada di Jalan Cipta Karya Nomor 20 RT 2 RW 4 Lontar Baru, Kecamatan Serang, Kota Serang. Kafe ini memiliki konsep yang berbeda dari cafe pada umumnya. Yang unik dari cafe yang resmi beroperasi sejak 3 November 2017 ini, pemilik cafe tersebut memberdayakan warga berkebutuhan khusus untuk melayani para konsumen yang berkunjung ke cafe nyentrik ini.

Meskipun seluruh para pegawainya mengalami disabilitas, sajian makanan dan minumannya tak kalah dengan Cafe-Cafe yang ada di Kota Serang.

Selain dapat berkontribusi pada perekonomian dan pemberdayaan, perusahaan makan dan minuman yang mempekerjakan penyandang disabilitas memberikan nilai tersendiri di mata pelanggannya.

Di dalam Cafe ini, pengunjung diajak memahami bahasa isyarat yang disampaikan oleh pramusaji dari warga berkebutuhan khusus. Meski begitu, pengunjung yang tidak bisa bahasa isyarat, tetap dapat berkomunikasi dengan para pramusaji, karena para pramusaji tersebut dapat membaca gerak bibir dan sudah melalui pelatihan secara terpadu.

Selain kafe, Bubble Cafe and Gallery juga menyediakan gallery lukisan dari penyandang disabilitas. Letaknya ada di lantai dua kafe tersebut. Beragam aliran lukisan terpampang dan asli mahakarya yang dibuat langsung oleh warga berkebutuhan khusus. Bahkan lukisan-lukisan tersebut sering tampil pada ajang kegiatan sosial kesenian, budaya di tingkat nasional.

Christiana Young, Founder Yayasan Anak Mandiri Banten, sebuah Lembaga non-profit yang bergerak di bidang pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Banten mengaku, salah satu tujuan didirikannya Bubble Cafe and Gallery adalah membuka lapangan pekerjaan bagi para penyandang disabilitas.

Sebab, Ia tidak ingin para kaum disabilitas ini mendapat diskriminasi dalam menjalani proses hidup di lingkungan masyarakat, termasuk di dunia pekerjaan. Pihaknya tidak hanya komersil tapi tapi juga sosial.

“Makanya kami peduli agar para warga berkebutuhan khusus ini bisa hidup layak bekerja dan berkarya seperti masyarakat pada umumnya,” ucapnya.

Letak yang cukup strategis dan makanan yang enak, membuat kafe ini cukup ngehit di kalangan pencinta kuliner yang banyak beredar di lokasi sekitar Kota Serang. Cafe ini beroperasi setiap hari mulai buka jam sepuluh pagi hingga sepuluh malam. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau untuk makanan dan minumannya kisaran mulai Rp5 ribu hingga maksimal Rp 30 ribu. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ