Beranda Gaya Hidup Umur 22 adalah Usia dengan Tantangan Hidup Terberat, Benarkah?

Umur 22 adalah Usia dengan Tantangan Hidup Terberat, Benarkah?

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Ketika kita beranjak menhinjak umur 22 tahun adalah usia di mana kamu sudah bukan lagi anak remaja yang harus mengandalkan orangtua.

Tapi di usia ini juga kamu akan merasakan bahwa jadi orang dewasa sama sekali bukan hal yang gampang. Ngaku aja deh, sering banget pada usia ini kamu ingin kembali jadi anak remaja atau anak sekolah lagi, tapi gak bisa.

Makanya, 22 tahun adalah usia dimana kamu akan mengalami tantangan terberat dalam hidupmu. Tinggal kamunya saja, apakah kamu sanggup melewatinya, atau tidak. Berikut 7 alasannya.

1. Kamu sudah lulus kuliah dan kamu akan merasakan sulitnya mencari kerja

Kamu akan sampai di mana kamu tidak akan bisa tidur menunggu panggilan kerja yang tidak kunjung datang, kamu akan merasakan sulitnya mencari pekerjaan dan bertemu dengan orang-orang yang juga mencari pekerjaan tapi belum menemukannya. Semua ini jadi lebih berat lagi untuk kamu yang tidak punya koneksi dan tidak lahir dari keluarga yang berkecukupan.

2. Kamu yang belum sempat melanjutkan kuliah dan langsung kerja setelah lulus SMA akan merasakan kejenuhan dengan pekerjaanmu

Kalau kamu langsung bekerja setelah lulus SMA, itu tandanya kamu sudah mengalami lebih dari dua tahun masa bekerja yang artinya kamu akan sampai pada masa jenuh dan bingung apalagi yang harus kamu lakukan. Kamu jadi seperti kehilangan identitas tentang siapa dan apa yang seharusnya kamu lakukan.

3. Kamu berada di persimpangan antara karir atau pasangan

Kamu jadi bingung mana yang harus kamu prioritaskan lebih dahulu. Kalau kamu mendahulukan karir, kamu akan khawatir pasanganmu akan menyerah padamu dan kalau kamu memprioritaskan pasangan, kamu khawatir tidak akan bisa meraih apapun yang kamu inginkan dalam pekerjaanmu.

4. Di usia 22 tahun, kamu bukan lagi anak kecil dan kamu dituntut untuk bersikap layaknya orang dewasa sebanyak apapun tantangan yang kamu hadapi

Kamu tidak bisa lagi bersikap seperti anak kecil yang memilih pergi saat menghadapi hal yang buruk, kamu tidak bisa seperti itu karena kamu harus menghadapinya. Walaupun susah, kamu tidak bisa merengek dan pergi begitu saja, kamu tetap harus menghadapinya.

5. Kamu tidak bisa lagi menjadikan orangtua atau orang lain sebagai tempatmu mengadu

Kadang kamu merasa lelah, kadang kamu merasa seperti mesin berjalan yang dinyalakan tanpa dimatikan, kadang kamu capek bekerja terus dan terus, kamu capek dengan tuntutan hidup, tapi kamu tidak bisa bergantung pada siapapun termasuk orangtuamu. Yang kamu punya hanyalah dirimu dan kamu harus mau tidak mau bergantung pada dirimu sendiri.

6. Di usia ini, kamu frustasi tentang apa yang akan kamu lakukan di masa depan

Kamu mengalami masa dimana kamu tidak tahu sama sekali apakah kamu sudah berada di jalur yang benar atau tidak. Kamu yang sudah bekerja di usia ini akan mulai mempertanyakan apakah pekerjaanmu sudah tepat? Apa ini yang kamu mau? Apa ini yang ingin kamu kerjakan sampai tua? Kalau tidak lalu harus ke bidang apa? Harus kerja apa? Semua pertanyaan itu sangat membuat galau.

7. Kamu pusing memikirkan apa saja yang sudah kamu hasilkan selama hidupmu

Dan akan jadi mengerikan kalau jawabannya tidak ada. Kamu yang ada di usia ini pasti sudah mulai bingung apa saja sih yang sudah kamu lakukan dalam hidupmu, apa yang sudah kamu hasilkan, apa yang sudah kamu capai. Seperti kata komedian Ernest Prakasa, hidup itu bukan perkara durasi, tapi kontribusi.

Karena kamu berada di usia dimana hidupmu banyak tuntutan, mau tidak mau kamu hanya harus hidup dengan menjalani tuntutan tersebut. Entah itu dari keluargamu, atau dari dirimu sendiri yang ingin sukses. Jangan kehilangan harapan, kamu pasti bisa melewatinya dengan baik! (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini