Beranda Komunitas UMN-Plasticpay Luncurkan Reverse Vending Machine BSI dan Dropbox Chatime

UMN-Plasticpay Luncurkan Reverse Vending Machine BSI dan Dropbox Chatime

TANGSEL – Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerjasama dengan Plasticpay dan Bank Syariah Indonesia (BSI) mengadakan reverse vending machine (RVM) botol plastik, Selasa (16/3/2023).

Kolaborasi bersama Plasticpay menjadikan UMN sebagai kampus swasta pertama dan kampus ketiga di Indonesia yang memiliki RVM. Hal ini sebagai upaya mensukseskan Sustainable Development Goals (SDG) ke-12, Responsible Consumption and Production.

“Pada siang hari yang berbahagia ini, kita berada disini untuk sebuah sosok biasa tapi memiliki makna yang mendalam untuk kontribusi kepada lingkungan,” ujar Rektor UMN Ninok Leksono dalam sambutannya.

Ninok menambahkan, UMN merupakan kampus swasta pertama yang secara bangga tidak ketinggalan kereta api. UMN, kata dia, ikut berkontribusi dalam masalah lingkungan untuk menanggulangi pemanasan global.

“Terima kasih kepada BSI, Plasticpay, Chatime, dan panitia yang telah mendukung seluruh perjalanan acara ini,” ucap Ninok.

Sementara itu, CEO Plasticpay, Suhendra Setiadi menyampaikan, gerakan ini erat sekali hubungannya dengan SDG ke-12 yaitu produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab dan pada acara ini juga merupakan sebuah pembuktian SDG ke-17 yaitu Partnerships For The Goals atau berpartner untuk satu tujuan.

“Karena kami disini masing-masing mempunyai peran dan kekuatan sendiri-sendiri serta bagaimana kita bisa bergabung untuk mewujudkan suatu tujuan. Maka harapan kami kegiatan ini bisa terwujud menjadi sesuatu yang berkelanjutan atau sustainable,” terang Suhendra.

Di lokasi yang sama, direktur Bank Syariah Indonesia Firman Jatnika mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik karena kita melihat bersama-sama mengenai SDG yang menjadi concern bangsa Indonesia.

“Mudah mudahan mesin ini bisa menjadi satu ikatan silaturahmi antara UMN dengan kami serta kita bisa sama-sama belajar mengenai kesesuaian antara nilai-nilai masa depan, yaitu sustainability dan memberi kontribusi kepada lingkungan dan planet, terutama kemanusiaan yang lebih baik untuk bumi kita,” ucap Firman.

Acara disambung dengan sambutan dari Brand Manager Chatime Group, Irene Melia. Menurutnya, pihaknya merasa senang sekali Chatime dan BSI bisa menjadi bagian dari program sustainability di Universitas Multimedia Nusantara. Dropbox merupakan salah satu inisiatif dari Chatime dan BSI untuk mendukung program sustainability.

“Dropbox Chatime ini diharapkan dapat berkontribusi bagi lingkungan dengan memberi nilai jual yang lebih tinggi bagi sampah botol plastik,” papar Irene.

Perlu diketahui, Program PlastiKOS adalah salah satu hasil kerja kelompok mahasiswa pada mata kuliah Communication for Sustainable Development yang didampingi Kevin Sanly Putera, dosen Program Studi Strategic Communication Universitas Multimedia Nusantara Digital Learning (UDL).

“Mata kuliah yang tergolong baru ini adalah wujud nyata komitmen UMN mendukung sustainability (keberlanjutan). Tugas akhir pembelajaran kami, para mahasiswa diminta untuk membuat proyek kolaborasi sesuai prinsip sustainable development dan SDGs,” papar Kevin.

PlastiKOS diinisiasi enam mahasiswa yang menaruh perhatian pada pengolahan sampah botol plastik secara sustainable. Dipimpin oleh Jennifer Lopez dan Dave Hapien, kelompok PlastiKOS memutuskan untuk menciptakan kolaborasi ini bersama Plasticpay sejak Februari 2023.

“Seluruh proses mulai dari rapat perdana antara UMN dan Plasticpay, persiapan, hingga hari H peluncuran, semua dijalankan bersama oleh para mahasiswa di kelas kami dan didukung berbagai pihak internal kampus,” jelas Kevin. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini