Beranda Peristiwa Ular Sanca Masuk ke Dalam Rumah Warga Lebak

Ular Sanca Masuk ke Dalam Rumah Warga Lebak

Evakuasi ular sanca oleh petugas Damkar Kabupaten Lebak. (Sandi)

LEBAK – Warga di Kampung Kaum, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten dikagetkan ular sanca sepanjang 3 meter yang masuk ke rumah warga, Kamis (19/10/2023).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lebak, Iwan Darmawan mengatakan jika anggota Damkar yang mendapatkan informasi dari warga.

“Anggota yang mendapatkan laporan langsung meluncur ke lokasi dengan membawa peralatan khusus. Petugas Damkar Lebak butuh waktu sekira 15 menit untuk mengevakuasi ular tersebut,” kata Iwan saat dihubungi pada Jumat (20/10/2023).

Ia mengungkapkan, diduga ular sanca tersebut sering memangsa hewan ternak milik warga sekitar, karena saat ditangkap perut ular dalam keadaan besar.

“Setelah ditangkap, ular langsung dibawa ke Kantor Damkar dan selanjutnya akan dibawa ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Banten untuk dilepasliarkan.

“Saya mengimbau kepada warga agar selalu menjaga kebersihan, dan selalu cek kondisi rumah, apalagi yang memiliki kandang ayam, sering menjadi incaran hewan liar seperti ular sanca,” ucapnya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini