Beranda Pendidikan UKT Terus Naik di Beberapa Perguruan Tinggi Negeri

UKT Terus Naik di Beberapa Perguruan Tinggi Negeri

Ilustrasi - foto istimewa

Kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuat banyak orang merasa tabungan pendidikan sia-sia meski sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Ini karena kenaikan biaya UKT melampaui rerata inflasi dana pendidikan per tahun.

Adapun beberapa UKT mahasiswa kedokteran dan jurusan farmasi maupun kesehatan di beberapa PTN alami kenaikan 30 hingga 50 persen. Padahal menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 2022 kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10 hingga 20 persen per tahun.

Meski biaya UKT PTN melonjak drastis, Perencana Keuangan, Rista Zwestika meyakini tabungan pendidikan yang dipersiapkan orangtua untuk anaknya di jenjang pendidikan tidaklah sia-sia. Ini karena tabungan pendidikan membuat orangtua jadi lebih siap untuk mengantarkan anak ke perguruan tinggi.

“Jawabannya tidak sesederhana itu (gampang menganggap tabungan pendidikan percuma). Persiapan dana pendidikan tetaplah penting, meskipun biaya pendidikan mengalami kenaikan,” ujar Rista saat dihubungi suara.com (jaringan Bantennews), Sabtu (18/5/2024).

Berikut beberapa alasan dana tabungan pendidikan tetap penting meski biaya UKT PTN naik:

1. Tetap bantu rintangan biaya pendidikan

Meskipun dana pendidikan tidak dapat sepenuhnya menutupi biaya pendidikan yang naik drastis, dana tersebut tetap dapat membantu meringankan beban biaya bagi orang tua.

“Orang tua tidak perlu menanggung seluruh biaya pendidikan sekaligus, dan mereka dapat menggunakan dana pendidikan untuk membiayai sebagian biaya pendidikan anak,” papar Rista.

2. Bisa digunakan kebutuhan lain terkait pendidikan

Selain biaya UKT, masih banyak biaya lain yang terkait dengan pendidikan, seperti biaya buku, alat tulis, biaya hidup di kota tempat kuliah, dan biaya wisuda.

“Dana pendidikan dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan tersebut, sehingga orang tua tidak perlu mengeluarkan seluruh biaya pendidikan dari kantong pribadi,” terang pakar yang juga Head Advisory & Investment Operation PINA itu.

3. Biaya pendidikan tidak selalu naik

Kenaikan UKT yang signifikan di tahun ini mungkin tidak terjadi setiap tahun. Ada kemungkinan biaya pendidikan akan stabil atau bahkan turun di masa depan. Oleh karena itu, persiapan dana pendidikan tetaplah bermanfaat untuk jangka panjang.

4. Buktikan komitmen orangtua

Persiapan dana pendidikan menunjukkan kepada anak bahwa orang tua berkomitmen untuk mendukung pendidikan mereka. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi anak untuk belajar lebih giat dan mencapai prestasi yang lebih baik.

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News