Beranda Pemerintahan Ujian CPNS 2018 Sudah Dekat, Ini Tips Menghadapinya dengan Tenang

Ujian CPNS 2018 Sudah Dekat, Ini Tips Menghadapinya dengan Tenang

75
0
Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Menjadi pegawai negeri sipil adalah impian sebagian besar penduduk negeri ini. Jaminan hidup hingga menutup mata menjadi daya tarik tersendiri pekerjaan pegawai negeri.

Berbagai persiapan dilakukan guna memenuhi impian bisa lolos menjadi Pegawa Negeri Sipil. Barangkali kamu salah satunya.

Nah, berikut adalah 5 tips untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian CPNS seperti dikutip dari IDN Times.

1. Hati-hati salah langkah, kenali tahapan-tahapan ujiannya

Cari tahu apa-apa saja yang akan diuji. Tahapan-tahapan ujian CPNS, materi soal yang akan disuguhkan, contoh soal-soal tahun lalu, bagaimana tingkat kesulitan soal, dan berapa minimal passing grade minimal kelulusan.

Secara umum ada dua seleksi yang harus dilalui yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara. Sementara, TKD memiliki kriteria yang sama untuk kelulusan yang sama setiap peserta.

2. Belajarlah secara konsisten

Hindari sistem kebut semalam. Belajarlah minimal 30 menit perhari. Beri catatan materi mana yang kurang dikuasai. Kemudian cari tahu materi yang kurang dikuasai dan pelajarilah. Usahakan belajar pada pagi hari agar lebih mudah konsentrasi.

3. Perlunya latihan simulasi CAT

Supaya menghindari gagap karena belum terbiasa menghadapi ujian berbasis CAT, disarankan untuk melakukan latihan simulasi. Saat ini sudah banyak tersedia latihan simulasi CAT baik secara online maupun buku-buku latihan soal CPNS yang menyediakan aplikasi latihan simulasi CAT.

4. Jaga Kesehatan

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Tubuh yang fit ketika menghadapi ujian CPNS berpeluang untuk konsentrasi dalam menjawab soal-soal ujian CPNS. Konsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

Hindari sistem kebut semalam karena hal itu mengakibatkan stres karena harus mempelajari seluruh materi dalam waktu semalam. Jangan lupa olahraga agar badan tetap fit dan terhindar dari stres.

5. Berserah pada Yang Kuasa

Jangan lupa mendoakan persiapan kamu dalam menghadapi ujian CPNS. Doakan agar apapun hasilnya, ingatlah bahwa rezeki sudah ada yang mengatur. Kalau memang itu sudah rezekimu, kamu pasti akan mendapatkannya. Beberapa hal di dunia ini tidak bisa dipaksakan, hanya bisa dipasrahkan.

Nah, jika 5 hal tersebut dijalankan, niscaya kamu berhasil menghadapi ujian CPNS yang akan segera dilaksanakan.

Jika tidak lulus, jangan berkecil hati dan tetaplah semangat dalam menjalani hidup ini. Pekerjaan yang layak sangat banyak. Hal yang terpenting dalam bekerja adalah kamu telah berusaha dan melakukan yang terbaik. Semangat! (Red)