Beranda Pemerintahan Uji Coba Satu Arah di Kota Serang, Pengemudi Masih Bingung

Uji Coba Satu Arah di Kota Serang, Pengemudi Masih Bingung

319
0

SERANG – Petugas gabungan dari Polres Serang Kota, Dishub Kota Serang dan TNI, melakukan uji coba sistem satu arah atau one way di sejumlah ruas jalan protokol Kota Serang. Sejumlah pengendara mengaku masih kebingungan dengan alur lalu lintas.

“Belum biasa aja. Tadi dari Sumur Pecung langsung diminta ke kiri. Biasanya kan bisa lurus. Berkendara di sebelah kanan jalan yang biasanya dua jalur agak belum biasa sih,” kata Sinta, warga Kota Serang, Sabtu (20/04/2019).

Pengendara lain, Madubi mengaku mengalami hal yang sama. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai sopir di Pasar Induk Rau ini mengaku belum mendapat informasi sebelumnya. “Jadi muter jauh. Saya setuju aja sih. Tapi kalau bisa jangan cuma di jalur protokol. Di Pasar Rau lalu lintasnya parah. Jalan dan trotoar dibuat dagang. Sopir pada ngeluh,” kata dia.

Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rahman menuturkan uji coba tersebut terpantau lancar. “Kalau berdasarkan pantauan, di titik krusial, tadi pagi sama sore ini, panjang antrian kendaraan bisa kita minimalisir dan arus lalu lintas lancar,” kata Ali.

Uji coba sistem satu arah ini di atur oleh 26 personil Polisi dari Polres Serang Kota, 30 Dishub Kota Serang dan 5 TNI dari Korem 064/Maulana Yusuf.

Sosialisasi uji coba satu arah pun terus dilakukan, melalui spanduk, media sosial (medsos), petugas Polisi yang memberi pengumuman melalui speaker Mobil patroli, sampai memberikan surat pemberitahuan ke berbagai instansi di Ibu Kota Provinsi Banten itu.

Pihak kepolisian memaklumi masyarakat yang masih bingung dengan uji coba satu arah ini. Sehingga, belum dilakukan penindakan hukum berupa tilang.

“Kita terus sosialisasi dan perbanyak anggota dilapangan. Bagi please (kendaraan) yang masih bingung, bisa di arahkan anggota di lapangan,” ujarnya.

Pengguna jalan mengaku masih bingung pemberlakuan uji coba one way, di beberapa ruas jalan Kota Serang. Lantaran, baru pertama kali diterapkan.

“Baru pertama kali kan soalnya. Jadi masih bingung. Saya dari Ciracas mau ke arah Ciceri, itu enggaak bisa lurus, soalnya satu arah,” kata Rahman, mahasiswa salah satu kampus swasta di Kota Serang, Banten ini, saat ditemui di Perempatan Kebon Jahe, Sabtu (20/04/2019).

Begitupun yang di alami Wulan, pegawai marketing disalah satu Perumahan di Kota Serang pun bingung, karena uji coba one way yang baru pertama kali ini.

“Masih bungung yah. Karena Kan baru. Tapi untungnya saya satu arah, dari arah Ciceri ke Ciracas,” kata Wulan.

Ruas Jalan Kota Serang, Banten, yang dilakukan uji coba satu arah yakni, Jalan KH.Abdul Hadi, Jalan Yusf Martadilaga, Jalan KH. A. Khotib, Jalan Ahmad Yani dan Jalan KH. Sochari.

Uji coba rekayasa lalu lintas satu arah, akan dilakukan tanggal 20, 22-23 April 2019, untuk mengurai kemacetan di jam sibuk.

Uji coba itu berlangsung di dua waktu, yakni pagi hari mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Sedangkan sore hari, berlangsung sejak pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. (You/Red)