Beranda Advertorial Turun Tangan, Hasbi Sidik Cegah Potensi Kenakalan Pelajar di Cilegon

Turun Tangan, Hasbi Sidik Cegah Potensi Kenakalan Pelajar di Cilegon

Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik menyampaikan penyuluhan mencegah kenakalan pelajar di SMA Al Khairiyah 1 Cilegon. (Ist)

CILEGON – Fenomena maraknya aksi kenakalan remaja di kalangan pelajar hingga berpotensi adanya pelanggaran hukum pada belakangan waktu ini menjadi perhatian serius Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik.

Politisi Gerindra ini bahkan sengaja meluangkan waktunya terjun ke lembaga pendidikan, SMA Al Khairiyah 1 Cilegon di Lingkungan Penauan, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan bersama aparat kepolisian agar dapat berinteraksi dalam penyuluhan langsung dengan ratusan pelajar guna mencegah terjadinya aksi yang dapat merugikan banyak pihak tersebut.

“Saya sudah lakukan sosialisasi untuk mencegah kenakalan pelajar di sekolah-sekolah sehubungan dengan maraknya video-video kekerasan oleh pelajar yang beredar di masyarakat,” ujarnya, Sabtu (12/11/2022).

Penyuluhan cegah kenakalan pelajar oleh Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik turut didampingi aparat kepolisian dan pengurus SMA Al Khairiyah 1 Cilegon. (Ist)

Menurut Hasbi, krisis identitas menjadi salah satu faktor utama yang memicu terjadinya aksi kenakalan di kalangan pelajar. Dari aksi yang dilakukan, secara tidak sadar pelajar berharap dapat menemukan jati diri dan identitasnya.

“Pemicunya kan biasanya karena hal-hal yang sepele. Nah kita tidak ingin pertumbuhan pemikiran yang belum konsisten itu malah berujung pada aksi kenakalan yang dapat menjerumuskan, seperti aksi tawuran dan tindakan kriminal lainnya. Kita ingin, adik-adik pelajar ini dapat menyalurkan energinya dengan lebih berkonsentrasi pada pelajaran untuk menyongsong masa depan mereka,” imbuh Ketua Yayasan Al Khairiyah 1 Cilegon ini.

Hasbi menuturkan, dirinya sangat menyadari betul bahwa langkah pencegahan aksi kenakalan pelajar tersebut tidak cukup sebatas pada penyuluhan dan sosialisasi semata.

“Maka dari situ, saya juga menitipkan kepada pihak sekolah terutama dewan guru agar dapat meningkatkan kewaspadaan, deteksi dini di lingkungan pendidikan terhadap potensi adanya oknum pelajar yang dapat menjadi pemicu dengan melakukan pendampingan dan bimbingan yang intensif,” katanya.

Pelajar SMA Al Khairiyah 1 Cilegon menyimak materi penyuluhan pencegahan kenakalan pelajar oleh Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik. (Ist)

Lebih jauh, Hasbi bahkan memandang perlunya peran aktif dan keterlibatan semua pihak agar kenakalan remaja di kalangan pelajar yang cukup meresahkan dapat dicegah.

“Termasuk kepada wali murid dan orang tua yang tidak kalah pentingnya untuk dapat berperan aktif mengawasi pertumbuhan dan circle pergaulan anak-anaknya,” jelasnya.

(Advertorial)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini