Beranda Olahraga Turnamen Catur Mawar Sebelas di Banten Pecahkan Rekor Peserta

Turnamen Catur Mawar Sebelas di Banten Pecahkan Rekor Peserta

Ratusan atlet mengikuti Turnamen Catur Mawar Sebelas. (IST)

SERANG – Turnamen catur cepat Mawar Sebelas III yang digelar di PT Mawar Sebelas Legok, Kota Serang, Sabtu dan Minggu (23-24/10), memecahkan rekor jumlah peserta sebuah turnamen di Banten. Sebanyak 774 orang pecatur ambil bagian pada turnamen dengan total hadiah Rp 200 juta itu.

Turnamen catur Mawar Sebelas III mempertandingkan 6 kategori yaitu pelajar SD, SMP dan SMA yang diikuti 139 orang, kelompok Non Master 480 orang, kategori Master diikuti 100 orang dan kelompok Difabel dengan peserta 55 orang.

Tak hanya datang dari lokal Banten, para peserta juga datang dari beberapa daerah di dalam dan luar Pulau Jawa, seperti Lampung, Manado hingga Maluku Utara.

“Antusiasmenya luar biasa. Belum pernah ada turnamen catur di Banten yang diikuti peserta sebanyak ini, ” ujar Bunawan Bong selaku Inspektur Pertandingan.

Menurut pemilik PT Mawar Sebelas, Yulius Selvanus Lumbaa, pihaknya secara rutin menggelar turnamen catur sejak 2019. Untuk turnamen tahun ini digelar guna memeringati HUT ke 9 PT Mawar Sebelas.

“Saya bangga sekaligus terharu melihat banyaknya jumlah peserta. Mudah-mudahan turnamen ini bermanfaat bagi perkembangan catur tanah air, utamanya di Provinsi Banten, ” ujar Yulius.

Pihaknya berjanji akan kembali menggelar turnamen catur di masa mendatang dengan lebih banyak lagi jumlah kategori.

Sementara, Ketua Percasi Banten Amin Lukman mengucapkan terima kasih kepada Mawar Sebelas yang sudah ikut peran serta membantu perkembangan catur di Banten.

Turnamen Catur Mawar Sebelas III juga diikuti 2 orang pecatur nasional bergelar Grand Master (GM), yaitu GM Susanto Megaranto (Jawa Barat) dan GM Novendra (DKI Jakarta). Di akhir turnamen, GM Susanto menyabet juara pertama di kategori Master. (Red)