Beranda Pemerintahan Tuntut Wahidin Halim Lengser, Demo Mahasiswa Ricuh

Tuntut Wahidin Halim Lengser, Demo Mahasiswa Ricuh

Aksi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jabotabeka-Banten menuntut Gubernur Banten Wahidin Halim turun dari jabatannya. (Ade/bantennews)

SERANG – Aksi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jabotabeka-Banten menuntut Gubernur Banten, Wahidin Halim turun dari jabatannya, berujung bentrok dengan petugas kepolisian di depan Kantor Gubernur Banten, Curug, Kota Serang, Kamis (11/4/2019).

Kericuhan dipicu saat mahasiswa mulai membakar ban. Petugas pun mencoba memadamkan api, namun dihadap oleh massa aksi, hingga terjadi kericuhan mahasiswa dengan pihak kepolisian, aksi kejar kejaran hingga adu pukul pun terjadi.

Akibatnya, sejumlah mahasiswa terkena pukulan dan tiga orang diamankan petugas kepolisian. Massa aksi pun dipaksa membubarkan diri hingga akhirnya mahasiswa pun tarik mundur.

Aksi tersebut menuntut Gubernur Banten Wahidin Halim mundur dari jabatannya karena dinilai telah gagal dalam memimpin Banten lantaran masih banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang terindikasi korupsi.

“Wahidin Halim kami nyatakan telah gagal dalam memimpin Banten dalam memerangi korupsi, Rp23 milyar lebih uang negara dirugikan, tak hanya itu marakanya proses jual beli jabatan di tubuh pemerintahan Banten,” kata korlap aku Aliga saat berorasi di depan kantor Gubernur Banten.

Tak hanya itu mahasiswa juga menilai, terlibatnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilu 2019 ataupun politik praktis semakin menjelaskan bahwa carut-marutnya birokrasi di Pemerintahan Provinsi Banten menjangkit dan teramat kronis.

“Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa keberpihakan ASN yang mendukung mahkota Banten (anak dari Gubernur) dan tidak sesuai dengan kode etiknya itu menggambarkan birokrasi pemerintah sudah carut marut bahkan kronis,” ungkapnya.

Maka dengan banyaknya kebokbrokan tersebut, Alingga menyatakan Wahidin Halim tidak pantas lagi menjadi pemimpin Banten. “Apakah WH Kanda kita masih pantas menjadi Gubernur kawan-kawan? Tidak sama sekali, maka dengan ini kami meminta WH mundur dari jabatannya,” teriaknya dengan suara lantang.

Mahasiswa juga menyayangkan, dengan adanya keterlibatan ASN yang nampak jelas mendukung anak Wahidin Halim di pemilu ini, terlihat jelas akan membangun dinasti baru di tanah jawara dengan memanfaatkan kekuasannya.

“Ini terbukti bahwa WH sedang membangun dinasti baru yang mendorong anaknya maju sebagai DPD RI dan menyeret ASN untuk mesukseskannya,” tegasnya.

Maka dengan demikian HMI menuntut jatuhkan sanki terberat kepada ASN yang tidak netral, usut tuntas indikasi korupsi di OPD, usut tuntas oknum dalam proses jual beli jabatan, copot Wahidin Halim sebagai gubernur dan menolak bentuk nepotisme dalam upaya membentuk politik dinasti. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini