Beranda Pendidikan Tunjangan Profesi Guru di Kota Serang Belum Cair

Tunjangan Profesi Guru di Kota Serang Belum Cair

Ilustrasi - foto istimewa jpnn.com

 

SERANG-Tunjangan Profesi Guru(TPG) di Kota Serang untuk periode semester dua di triwulan ketiga inj belum cair, padahal anggarannya dari pemerintah pusat sudah turun ke kas Pemerintah Kota Serang.
“Seharusnya Oktober sudah cair, tapi memang dari pusatnya juga lambat cairnya baru September turun ke kas Kota Serang. Setelah kami konfirmasi, informasinya masih tahap validasi data. Sekarang kami menunggu hasil verifikasi. Kalau sudah selesai, kemudian bisa mulai disalurkan ke rekening masing-masing guru. Jadi kendalanya bukan di kami,” ujar  Toto Haryanto Tim Sertifikasi Guru Dindikbud Kota Serang , Rabu (14/11/2018)

mengatakan penyebab penyaluran tertunda karena proses yang panjang. Input pengusulan, penarikan data berkala, validasi oleh dinas  menjadi faktor penentu kecepatan penerbitan surat keputusan. Tentunya hal itu berdampak pada kecepatan pembayaran tunjangan.
“Pemberkasan yang dilakukan oleh instansi pengelola keuangan di daerah sesuai dengan fakta di lapangan tak bisa ditampik membutuhkan banyak waktu. Jadi gak sesederhana. Target Desember lah harus cair,” ujarnya.

Ia menjelaskan pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota perlu memastikan bahwa data yang dimasukkan ke dalam DAPODIK sesuai dengan data riil di lapangan. Untuk itu, pemerintah Kota Serang berkewajiban melakukkan validasi keakuratan data guru. Bila telah sesuai, maka penyaluran tunjangan profesi guru bisa dilakukan.

Ia juga menambahkan bahwa pelaporan pertanggungjawaban keuangan ke Kementerian Keuangan pun menjadi salah satu faktor lambannya pencairan tunjangan. Sebab, salah satu syarat agar dana transfer daerah per triwulan lancar adalah pelaporan penggunaan dana transfer daerah tahun sebelumnya.

Toto mengatakan Kota Serang menerima TPG sekitar Rp100 miliar  per tahun dengan per triwulan pencairan kisaran Rp25-30 miliar. Ia menyebutkan  total penerima dana sertifikasi dengan jenjang TK, SD dan SMP di Kota Serang hingga Oktober 2018 untuk status guru bersertifikasi ada 2.135 orang, non sertifikasi 260 dan sertifikasi bukan PNS 246. “Rata-rata penerima TPG bukan PNS di Kota Serang berkisar menerima 1,5 juta rupiah per guru, sedangkan yang PNS sesuai dengan golongan,”ujarnya. (Dhe/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini