Beranda Pendidikan Tunjang Pembelajaran Masa Pandemi, Dindik Tangerang Siapkan Ratusan Video

Tunjang Pembelajaran Masa Pandemi, Dindik Tangerang Siapkan Ratusan Video

535
0
Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang melaunching 750 video pembelajaran untuk menunjang siswa saat belajar dimasa pandemi. (AW/Bantennews)

TANGERANG – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang melaunching 750 video pembelajaran untuk menunjang siswa saat belajar di masa pandemi. Ratusan video pembelajaran itu bahkan mendapat penghargaan rekor MURI dengan nominasi pembuatan video pembelajaran terbanyak oleh guru.

Sekretaris Dindik Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan Dindik Kota Tangerang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk memasukkan ratusan video pembelajaran itu ke aplikasi Tangerang LIVE. “Nanti prosesnya guru mengambil video dari aplikasi Tangerang LIVE, setelah itu wali kelas menyebarkan ke orangtua murid,” katanya saat ditemu di Ruang Al-Amanah, Senin (13/7/2020).

Jamaluddin mengungkapkan, ratusan video ini bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk siswa SD dan SMP se-Kota Tangerang. “Untuk SD ada video pembelajaran matematika, bahasa Indonesia, PPKN dan mata pelajaran lainnya. Sementara untuk SMP ada 10-12 mata pelajaran, pokoknya hampir semua mata pelajaran dibuat video,” ungkap pria yang menjabat Ketua PGRI Kota Tangerag itu.



Lebih lanjut, Jamaluddin juga menyiapkan skema penyaluran tugas untuk orangtua siswa yang tidak mempunyai handphone. “Nanti mungkin ada guru yang mengantar tugas ke orangtua murid, kita juga kan bina wilayah semua ASN turun ke lapangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dindik Kota Tangerang Masyati Yulia mengatakan video yang launching dan mendapatkan rekor MURI memang sebanyak 750 video. Namun jumlah video yang dibuat guru hingga hari ini sudah mencapai 1004 video.

Untuk pembuatannya, lanjut Masyati, ia melibatkan sekira 300 guru SD, dan SMP se-Kota Tangerang. Kata dia, video dibuat untuk mempermudah mengikuti pembelajaran di masa pandemi. “Video juga sudah disesuaikan dengan kurikulum semester ganjil tahun ini,” pungkasnya. (Tra/Wan/Red)