Beranda Advertorial Tujuh Siswa Kabupaten Serang Raih Beasiswa Vokasi UI

Tujuh Siswa Kabupaten Serang Raih Beasiswa Vokasi UI

Serah Terima Hasil Siswa yang Lolos dalam Program Beasiswa Vokasi Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2023 oleh Pimpinan Vokasi UI kepada Kepala Dinas Dindikbud Kabupaten Serang serta Sekretaris Dindikbud Aat Supriyadi. Foto : Dok. Dindikbud Kabupaten Serang

KAB. SERANG – Dalam memprioritaskan pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) meluncurkan Program Beasiswa Vokasi Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2023. Sebanyak 7 siswa dari berbagai sekolah berhasil lolos dalam program tersebut.

Sekretaris Dindikbud Kabupaten Serang, Aat Supriyadi menjelaskan tahap penyaluran program beasiswa dimulai dengan melakukan sosialisasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) setempat. Tujuan sosialisasi itu yakni memberikan informasi mengenai beasiswa yang tersedia untuk para siswa yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap siswa di Kabupaten Serang memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pendidikan tinggi berkualitas,” katanya.

Tahap selanjutnya, bagi siswa yang tertarik dapat melakukan pendaftaran online untuk mengikuti ujian SIMAK UI. Pendaftaran dapat dilakukan di laman resmi penerimaan.ui.ac.id

Pada situs tersebut, para calon penerima beasiswa berkesempatan dapat memilih dua jurusan yang berbeda. Setelah pendaftaran online selesai, siswa wajib melaporkannya ke Dindikbud Kabupaten Serang. Kemudian para siswa melakukan ujian sesuai dengan yang telah dijadwalkan oleh UI dan menunggu hasil pengumuman ujian.

Tujuh Siswa Asal Kabupaten Serang yang Mendapat Program Beasiswa Vokasi Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2023. Foto : Dok. Dindikbud Kabupaten Serang

“Dalam tahun ini, kami sangat bangga mengumumkan bahwa sebanyak 7 calon penerima beasiswa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang telah dinyatakan lulus. Mereka telah mengikuti masa orientasi mahasiswa dan siap memulai perjalanan pendidikan mereka di Universitas Indonesia,” ujarnya.

Aat menjelaskan program Beasiswa Vokasi UI tahun 2023 memberikan berbagai manfaat kepada para penerima. Para siswa yang lolos sebagai penerima beasiswa mendapatkan seluruh biaya yang sepenuhnya ditanggung oleh APBD Kabupaten Serang, yakni mulai dari uang masuk, uang kuliah tunggal (UKT) atau SPP selama 3 tahun, hingga asrama mahasiswa.

Kemudian untuk biaya hidup sehari-hari, mereka akan menerima bantuan sebesar Rp900 ribu per bulan selama 3 tahun dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang.

“Program ini adalah bukti nyata komitmen Kabupaten Serang untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi generasi muda, serta mendukung perkembangan akademik dan karier mereka. Semoga program beasiswa ini dapat menjadi cambuk bagi calon-calon pemimpin masa depan yang akan membawa kemajuan bagi Kabupaten Serang dan Indonesia pada umumnya,” ungkapnya.

Ketujuh siswa dari SMA dan SMK Kabupaten Serang yang berhasil lolos dalam Program Beasiswa Vokasi UI pada tahun 2023 yaitu Erlan Novandri Maulana dari SMAN 1 Cikeusal, Risma Yanti asal SMAN 1 Petir, Siti Andriyani dan Lia Rahmawati asal SMAN 1 Kopo. Kemudian, Siti Nurhasanah dari SMK Nurul Huda Baros, Eri Risnawati serta Ica Cahyati asal SMAN 1 Cinangka.

(ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ