Beranda Politik Tujuh Keluarga Atut Ikut Pemilu 2024, Satu yang Gagal Dapat Kursi

Tujuh Keluarga Atut Ikut Pemilu 2024, Satu yang Gagal Dapat Kursi

Ratu Atut Chosiyah. (Foto: Okezone)

BANTEN – Tujuh anggota keluarga mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ikut dalam Pemilu 2024. Mereka ikut bertarung dalam perebutan kursi legislatif di berbagai tingkatan, mulai kabupaten/kota, provinsi, DPR RI, maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dari tujuh keluarga Atut yang maju, hanya satu yang gagal mendapatkan kursi legislatif yakni Adde Rosi Khoerunnisa, menantu Atut/istri mantan Wagub Banten Andika Hazrumy.

Partai Golkar menjadi perahu keluarga Atut menuju parlemen, kecuali Andiara Aprilia Hikmat, anak Atut yang maju untuk calon DPD RI. Dua adik Atut merupakan petinggi partai berlambang beringin, yakni Ratu Tatu Chasanah merupakan Ketua DPD Golkar Banten dan Ratu Ria Maryana, Ketua DPD Golkar Kota Serang.

1. Airin Rachmi Diany

Airin Rachmy Diany – foto istimewa.

Airin Rachmi Diany, adik ipar Ratu Atut, dipastikan lolos ke DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Banten III, meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.  Ketua TKD Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Provinsi Banten itu memperoleh 302.878 suara.  Perolehan suara mantan Walikota Tangsel ini merupakan yang terbanyak di Banten. Suara yang dikumpulkan istri TB Chaeri Wardhana alias Wawan ini unggul dibandingkan Rano Karno 149.397 suara, Sufmi Dasco Ahmad 119.692 suara, dan Wahidin Halim 104.946 suara. Bahkan, mantan Wali Kota Tangsel itu unggul dari Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang hanya memperoleh 49.714 suara.

2. Tubagus Haerul Jaman

Tb Haerul Jaman. (Dok. Bantennews)

Tubagus Haerul Jaman merupakan adik tiri Ratu Atut Choisyah.  Mantan Walikota Serang dua periode itu berebut kursi Senayan di dapil Banten II meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.  Perolehan suara  Jaman sebagai caleg petahana sebanyak 83.565 suara. Jaman kembali lolos dan mempertahankan kursinya di DPR RI.

3. Andiara Aprilia Hikmat

Berbeda dengan kerabat Atut yang maju lewat partai politik, anak Ratu Atut Chosiyah ini maju ke parlemen melalui DPD RI dari dapil Provinsi Banten. Andiara sudah dua kali meraih suara terbanyak dan duduk sebagai Anggota DPD RI dari Banten. Pada pemilu kali ini perempuan berusia 36 tahun itu juga mendapatkan suara terbanyak mencapai 1.049.928 suara dan kembali mengantarkannya  ke parlemen.

4. Ananda Trianh Salichan

Ananda Trianh Salichan merupakan anak bungsu Ratu Atut Chosiyah dengan almarhum Hikmat Tomet. Pemilu 2024 menjadi moment politik pertama bagi Ketua BPD HIPMI Banten ini ikut maju dalam perebutan kursi legislatif. Ia maju di dapil Banten 9 Kota Tangerang Selatan untuk posisi di DPRD Banten.  Perolehan suara Ananda sebanyak 45.385 suara dan memastikan dirinya bisa duduk di DPRD Banten.

5. Tubagus Udrasengsana

Tubagus Udrasengsana merupakan  keponakan Ratu Atut Chosiyah. Ia anak dari adik tiri Atut,  Tubagus Haerul Jaman.   Udra mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Kota Serang dari dapil Kota Serang 2 meliputi Kelurahan Cipare, Cimuncang, Kota Baru, Keagungan, Lontar Baru, dan Serang.  Pemilu 2024 menjadi pesta demokrasi pertama yang diikutinya. Pada pemilu kali ini, Udra meraih suara tertinggi di dapilnya yakni 4.877 suara.  Perolehan suara itu menjadikannya lolos ke parlemen Kota Serang.

6. Teguh Istaal

Teguh Istaal merupakan adik ipar Ratu Atut Chosiyah. Teguh adalah suami dari adikntiri Atut, yakni Ketua DPD Partai Golkar Kota Serang Ratu Ria Maryana. Teguh maju sebagai caleg DPRD Banten dari Partai Golkar nomor urut 1 dapil Banten I meliputi Kota Serang.  Dari hasil rekapitulasi KPU, Teguh memperoleh 30.251 suara sehingga ia berhak mendapatkan satu kursi di DPRD Banten.

7. Adde Rosi Khoirunnisa

Adde Rosi Khoerunisa.

Adde Rosi Khoirunnisa, menantu Ratu Atut itu menjadi calon petahana Anggota DPR RI dari dapil Banten I meliputi Kabupaten Lebak dan Pandeglang dengan perolehan suara sebanyak 61.848. Adde Rosi menjadi satu-satunya keluarga Atut yang gagal mendapat kursi di Pemilu 2024.

Peroleha  suara partai Golkar dan calon di Banten I berada di urutan ke 7 di atas NasDem, PPP, PDI-P, Gerindra, Demokrat, dan PKB. Sedangkan kuota kursi di dapil Banten I hanya enam kursi.

 

(Ink/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini