Beranda Cinta Trik Menghindar dari Teman yang Sering Curhat

Trik Menghindar dari Teman yang Sering Curhat

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Curhat adalah hal yang sangat sering dilakukan dalam pertemanan. Apalagi dalam pertemanan yang sangat dekat, jika berkumpul mengobrol curhatlah ajang yang paling ditunggu-tunggu untuk diutarakan.

Curhat bisa melegakan pikiran, tapi jangan salah lho curhat juga bisa menjadi pengganggu mood kamu juga. Jika kamu sering dijadikan tempat curhat dan suatu saat jengah ingin melarikan diri dari curhatan teman-temanmu, ada lho trik yang sangat ampuh untuk dilakukan. Simak yuk 5 trik berikut ini!

1. Jangan sungkan bilang: Aku lagi sibuk!





Jangan sungkan untuk bilang bahwa kamu lagi sibuk. Bilanglah maaf dan bisa dihubungi lagi di lain waktu. Setidaknya, dengan kalimat ini akan membuat kamu akan tenang dahulu menghindari curhatan temanmu itu. Dengan begitu, frekuensi curhat akan sedikit berkurang. Iya sih sesekali curhat tak masalah, asal jangan setiap detik setiap waktu yang menyebabkan aktivitas kamu juga terganggu. Jika sudah aman, nah trik ini terus lancarkan sampai misimu berhasil.

2. Sarankan temanmu untuk beribadah lebih rajin lagi

Menurut pendapat orang-orang, curhat yang paling baik adalah saat beribadah kepada Tuhan. Luapkan keluh-kesah kepada Tuhan dan tentu saja iringi dengan doa-doa yang baik untuk menguatkan diri. Nah, hal ini juga bisa diarahkan pada temanmu yang suka curhat untuk lebih rajin lagi beribadah. Dengan begitu, ada nilai plus yang didapat; hati menjadi tenang dan juga dengan mendekatkan diri kepada Tuhan mendapat pahala yang berlipat. Manfaatnya juga berlebih, ibadah didapat dan temanmu yang selalu dicurhati pun tidak akan merasa terganggu lagi.

3. Sarankan temanmu untuk lebih menyibukkan diri

Coba sarankan dengan temanmu untuk lebih menyibukkan diri. Setidaknya dengan mempunyai kesibukan tidak ada waktu luang untuk curhat lho. Misalnya, lebih konsentrasi kepada pekerjaannya, kuliahnya, atau lebih sibuk menggali potensi diri. Dengan banyak kesibukan, tentunya kesempatan untuk curhat akan dilupakan, bukan? Trik ini dijamin jitu deh…

4. Empatilah

Memang sih jika curhat itu akan membuat kamu lega. Tapi, apakah pernah berpikir tentang perasaan teman kamu yang suka dicurhati? Berempatilah ya… Teman curhatmu juga manusia biasa yang punya perasaan, mendengar keluh-kesah tak selamanya menjadi pendengar setia. Bisa jadi dia juga lagi capek malah dia juga butuh curhat untuk melegakan pikirannya. So, lihatlah dulu suasana hati temanmu ya jika ingin curhat.

5. Menghindarlah secara pelan-pelan

Jika poin 1-4 tidak mempan juga, menghindarlah secara pelan-pelan. Dirimu sendiri yang dijadikan tempat curhat juga manusia biasa yang butuh ruang untuk dirinya sendiri. Menjauh dari teman yang mengganggumu juga sah-sah saja dilakukan. Kamu juga butuh privasi untuk lebih menenangkan diri kamu sendiri.

Jadi, pikir-pikir dahulu ya jika ingin curhat. Curhatlah seperlunya. Jangan jadikan curhat menjadi kebutuhan yang lama-lama menjadi candu. Lakukan selalu kegiatan yang bermanfaat agar hatimu selalu bahagia. (Red)

Sumber : IDN Times