Beranda Kesehatan Tren Kesehatan Ibu dan Anak Pasca Pandemi Covid-19 Berubah, Masih Takut Sama...

Tren Kesehatan Ibu dan Anak Pasca Pandemi Covid-19 Berubah, Masih Takut Sama Penyakit?

Ilustrasi - foto istimewa Jovee

SERANG – Meski Pandemi Covid-19 telah berganti jadi endemi di Indonesia rupanya kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman penyakit masih tinggi. Terutama terkait kondisi kesehatan ibu dan anak.

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Jakarta mencatat sejak awal status endemi terhadap Covid-19 diberlakukan oleh pemerintah, orang tua yang memiliki anak rupanya tetap lakukan tindakan pencegahan penyakit. Salah satu yang banyak dilakukan dengan pemeriksaan rutin juga imunisasi anak.

“Tren pelayanan era endemi kita lihat dari pasien yang datang ke RSIA Jakarta, sebagai rumah sakit yang melayani khusus ibu dan anak, lebih banyak cari pelayanan untuk preventif atau pencegahan penyakit yang mungkim timbul,” kata Hospital Director RSIA Bunda Jakarta dr. Imelda Rachmawati, MARS melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id)

Menurutnya, tren tersebut sebenarnya masih terpengaruh dari dampak kondisi Pandemi Covid-19 lalu. Sebab, ketika itu banyak orang tua khawatir dengan paparan penyakit infeksi pernapasan, terutama bila terjadi pada anak. Bahkan tindakan pencegahan juga sudah dilakukan mulai dari ibu hamil.

“Saat ini dari ibu mulai banyak cari gimana bisa preventif. Jadi anak atau ibu hamil tetap sehat. Dan pada akhirnya kan bisa dapat anak yang sehat, cerdas, dan masa depan lebih baik,” ujarnya.

Selain orang yang sudah memiliki anak, pemeriksaan terkait kesuburan atau fertilitas juga rupanya meningkat. Dokter Imel mengatakan bahwa pasangan yang akan segera menikah biasanya lakukan tes kesehatan kesuburan, baik laki-laki maupun perempuan.

Kemudian setelah menikab dan hamil pun, pemeriksaan yang dilakukan juga lebih holistik atau menyeluruh. Tidak hanya tentang perkembangan janin setiap minggu, bahkan sampai persiapan jelang menjadi orang tua.

“Jadi sejak hamil sudah bisa dipastikan anaknua sehat, nanti mendekati melahirkan bisa kita ssambungkan dengan dokter spesialis anak. Gimana proses menyusui saat anak lahir karena diketahui ASI menjadi yang terbaik untuk anak,” katanya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini