Beranda Pemerintahan Tradisi Seba, Ribuan Masyarakat Baduy Temui Al Muktabar

Tradisi Seba, Ribuan Masyarakat Baduy Temui Al Muktabar

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat menerima masyarakat Baduy dalam Seba Baduy di Gedung Negara Provinsi Banten, Kota Serang pada Sabtu (29/4/2023). (Ist)

SERANG – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menerima kunjungan masyarakat Baduy di Gedung Negara Provinsi Banten, Kota Serang pada Sabtu (29/4/2023). Kedatangan 1.224 warga Baduy tersebut merupakan bagian dari prosesi tradisi Seba.

Dalam melaksanakan ritual Seba, warga Baduy melakukan perjalanan spiritual melewati beberapa kabupaten/kota yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan diakhiri di Gedung Negara Kota Serang. Tradisi yang sudah berlangsung setiap tahunnya ini ditandai dengan penyerahan hasil panen dan penyampaian aspirasi dari masyarakat Baduy kepada pemerintah daerah.

“Selamat datang di Gedung Negara Provinsi Banten, mudah-mudahan dengan kebersamaan ini kita dapat terus membangun Baduy, membangun Lebak, membangun Banten, dan juga membangun Indonesia,” ujar Al Muktabar dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

Al Muktabar mengatakan pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas dan kebutuhan masyarakat Baduy selama menjalani Seba Baduy. Hal itu seperti pelayanan kesehatan, tempat peristirahatan, hiburan masyarakat hingga jamuan-jamuan yang dibutuhkan.

Tak hanya itu, Al Muktabar juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Baduy yang telah berkunjung sebagai bentuk rasa syukur serta menjalin silaturahmi dengan Pemerintah Provinsi Banten.

“Sudah kita siapkan semua fasilitas dan kebutuhannya. Mudah-mudahan ini berkenan hingga prosesi Seba selesai serta Pemerintah Provinsi Banten memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya bagi saudara kita masyarakat Baduy,” ucapnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini