Beranda Pendidikan Tradisi Gaur Bangku di Lebak, Rabutan Kursi Siswa di Hari Pertama Sekolah

Tradisi Gaur Bangku di Lebak, Rabutan Kursi Siswa di Hari Pertama Sekolah

1136
0
Walimurid menemani anaknya memilih kursi pada hari pertama sekolah. (Ali/bantennews)

 

LEBAK – Pada hari pertama masuk sekolah, siswa SDN 01 Bojongleles, Kabupaten Lebak,  datang lebih awal ke sekolah bersama walimurid. Dengan memakai perlengkapan sekolah serba baru, siswa datang bersama walimurid  sejak pagi buta untuk rebutan tempat duduk paling  atau sering disebut gaur bangku. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan  untuk mendapatkan kursi paling depan atau posisi kursi yang mereka inginkan.

Baihaqi (9) salah satu siswa mengatakn dirinya berangkat sejak subuh di temani oleh orang tuanya untuk gaur bangku. Dirinya sangat senang karena sudah mendapatkan tempat duduk yang diinginkan

“Senang, sudah dapat kursinya di sini, tadi berangkat subuh jam setengah lima,” kata Baihagi kepada BantenNews.co.id, Senin (15/7/2019)

Setelah mendapakan kursi atau tempat duduk yang diingkan, mereka langsung memberi tanda  dengan mengikat tas  atau menuliskan nama di meja agar tidak ditempati siswa yang lain. Bahkan ada sebagian orang tua siswa yang sudah menyimpan tas anak–anak mereka di kursi sejak hari minggu sore, ada juga orang tua mengikat kursi agar tidak dipakai oleh orang lain.

“Sebenarnya anak saya maunya di depan tapi kursinya udah ada yang memberi tanda, padahal tadi saya sama anak berangkat  jam empat dari rumah,” kata Lia, salah satu orang tua siswa

Walapun sedikit kecewa tapi anaknya masih senang karena mendapatkan tempat duduk di barisan kedua.

“Tidak apa–apalah yang penting anak saya masih bisa duduk lebih depan biar dia fokus dan konsentrasi belajar,” ungkapnya. (Ali/red)