Beranda Peristiwa TPA Cipeucang Longsor, Aktivis Lingkungan Desak Proses Hukum Berlanjut

TPA Cipeucang Longsor, Aktivis Lingkungan Desak Proses Hukum Berlanjut

Aktivis lingkungan aksi di TPSA Cipeucang. (Ihya/bantennews)

TANGSEL – Bertepatan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 5 Juni 2020, ratusan aktivis dan penggiat lingkungan hidup gelar aksi bersih-bersih Sungai Cisadane, Jumat (5/6/2020).

Sebelumnya, sungai Cisadane sangat tercemar oleh sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang longsor akibat turap yang menyangganya tidak kuat, dan akhirnya roboh.

Atas dasar itu, para aktivis yang tergabung dalam Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) dan lainnya mencoba menormalisasi sungai tersebut.

Koordinator Aksi sekaligus Direktur Banksasuci Ade Yunus mengatakan, aksi tersebut dimulai dari Posko Banksasuci Kota Tangerang dan berakhir di lokasi longsor TPA Cipeucang, Kota Tangerang Selatan.

Aksi yang bertema “Clean Up Cisadane” tersebut menuntut agar para pihak yang bertanggung jawab untuk segera melakukan normalisasi Sungai Cisadane secara menyeluruh.

“Yang dibersihkan hanya bagian permukaannya saja, tadi kita turun ternyata masih banyak sampah terpendam di bawah sungai, jadi kita minta sampahnya agar dikeruk sampai permukaan bawah sungai,” ujar Ade.

Terkait pelanggaran dan kelalaian yang mengakibatkan longsornya  TPA, Ade minta tetap diproses secara hukum.

“Kita serahkan dan percayakan sepenuhnya kepada aparat hukum, dan kementerian terkait, yang pasti harus ada yang bertanggung jawab,” jelasnya.

Selain itu, Ade mendesak agar Pemkot Tangsel khusunya dan kontrakor untuk segera mempercepat recovery Sungai Cisadane. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini