Beranda Peristiwa Toko Kitab Kuning di Pasar Pari Pandeglang Terbakar

Toko Kitab Kuning di Pasar Pari Pandeglang Terbakar

Pedagang Pasar Pari dan warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

PANDEGLANG – Satu unit kios penjual kitab dan buku-buku islami di Pasar Pari tepatnya Kampung Pari, Desa Pari, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang Banten terbakar api. Dugaan sementara kebakaran tersebut diakibatkan dari korsleting listrik yang berada di dalam kios, Selasa (5/9/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada saat kejadian pemilik kios yang bernama Oji (34) sedang tidak berada di lokasi dan kios masih dalam keadaan tertutup.

Api pertama kali diketahui oleh pedagang kentang goreng yang tidak jauh dari kios yang terbakar, mulanya saksi mata melihat kepulan asap yang keluar dari dalam kios dan disusul dengan api yang langsung menjalar dibagian instalasi listrik.

Saksi mata bersama para pedagang lain yang berada di lokasi langsung mendobrak pintu kios untuk menyelamatkan barang-barang milik Oji. Para pedagang berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dan api bisa dipadamkan beberapa waktu kemudian. Tdak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp2 juta.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pandeglang, Endan Permana membenarkan kejadian tersebut.

Kata dia, pihaknya tidak sampai menerjemahkan mobil pemadam ke lokasi lantaran api sudah berhasil dipadamkan oleh warga, pihaknya hanya melakukan pendataan kerugian dan barang-barang yang terbakar.

“Tadi tidak sampai kesana karena api sudah berhasil dipadamkan karena kebakarannya kecil. Tim kami kirim untuk melakukan pendataan,” kata Endan.

Ia melanjutkan, dugaan sementara kebakaran tersebut dipicu korsleting listrik dari dalam kios. “Tidak ada korban jiwa Dugaan sementara korsleting listrik,” tutupnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini