Beranda Peristiwa TNI AL Banten Ajak Pelajar Aceh Mengenal Alutsista Angkatan Laut

TNI AL Banten Ajak Pelajar Aceh Mengenal Alutsista Angkatan Laut

Pangkalan TNI AL Banten di bawah jajaran Lantamal III, Koarmada I dengan Komandan Letkol Laut (P) Golkariansyah, menerima dan membuka kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Aceh

CILEGON – Pangkalan TNI AL Banten di bawah jajaran Lantamal III, Koarmada I dengan Komandan Letkol Laut (P) Golkariansyah, menerima dan membuka kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Aceh. Kegiatan bersama Lanal Banten ini di laksanakan selama 2 hari tanggal 19 – 20 Agustus 2019.

Para peserta SMN dikenalkan dengan PDD Khas TNI AL yakni penaikan bendera Merah Putih. Antusiasme para siswa tidak sampai disitu selepas di buka oleh Danlanal Banten para Peserta dibekali dengan materi tentang Bahaya Narkoba, Pergaulan Sehat, Bela Negara, Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan, Rela Berkorban dan Pancasila. Para peserta juga terus dikenalkan dengan dengan tradisi-tradisi yang ada di TNI AL seperti Apel Makan Siang.

Semangat para peserta SMN 2019 tidak hanya sampai disitu mereka di berikan giat Fun Games, pengenalan alat selam dan snorkeling dengan maksud untuk menguji kekompakan antar team permainan ini mengajarkan mereka untuk menjadi seorang yang bertanggung jawab dan pemimpin yang mampu membawa team nya menjadi pemenang.

“Disamping itu permainan ini juga bisa mempererat tali persaudaraan diantara mereka yang berasal dari Kabupaten Kota yang berada di Provinsi Nangroe Aceh Darusalam,” ujar Letkol Laut (P) Faisal, Komandan KRI Halasan-630, Selasa (20/8/2019).

Para peserta SMN juga di kenalkan dengan salah satu Alutsista milik TNI Angkatan Laut di bawah jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmada I yakni KRI Halasan-630 yang merupakan kapal perang kelas 60 m kapal pemukul reaksi cepat dengan yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula.

Kapal berukuran panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, dan berat 460 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 28 knot. Halasan merupakan senjatan tradisional berupa Piso atau pedang yang berasal dari Tapanuli Utara Batak Sumatera Utara.

Selama berada di KRI para peserta SMN di ajak berkeliling keseluruh bagian kapal diantaranya Haluan, Buritan, Anjungan dan Geladak Meriam, dengan harapan dapat mengenalkan kapal perang yang merupakan hasil produksi dalam negeri kepada para siswa Siswa Mengenal Nusantara, diharapkan mampu memotivasi para siswa, bangga dengan karya anak bangsa dan kedepan bisa optimis dengan keunggulan SDM yang dimiliki, supaya bisa bersaing khususnya dalam hal pengembangan teknologi.

“Kegiatan ini agar para peserta lebih giat belajar dan selalu focus. Focus yang dimaksud ialah Follow One Course Untill Success,” katanya.

Sementara itu, Renato Horizon Kepala Cabang Bulog Serang mengatakan, Kegiatan SMN ini dilaksanakam di 34 provinsi dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi daerah yang dikunjungi oleh peserta.

“Salah satu agenda adalah bekerja sama dengan TNI. Untuk provinsi Banten belerja sama dengan TNI AL dalam hal ini Lanal Banten untuk penanaman dasar-dasar bela negara, cinta tanah air dan lain sebagainya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ