Beranda Pemerintahan TMMD Ke 111 Dibuka, Kodim 0602/Serang Betonisasi Jalan

TMMD Ke 111 Dibuka, Kodim 0602/Serang Betonisasi Jalan

Acara Pembukaan TMMD ke 111 Tahun 2021 dengan Penyerahan Peralatan Kerja Secara Simbolik kepada Perwakilan Kodim 0602/Serang, Selasa (15/6/2021). Foto: Nindia/BantenNews.co.id

KAB. SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 pada Selasa (15/6/2021). TMMD kali ini akan diisi dengan kegiatan pembangunan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik tersebut salah satunya adalah pembangunan jalan di Desa Cisalam, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.

Pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan kerja kepada perwakilan anggota TNI.

“Jadi seperti biasa TMMD sekarang untuk Provinsi Banten di Kabupaten Serang kegiatannya ada fisik dan non fisik. Untuk fisiknya ada pembangunan jalan, biasanya ini lokasinya usulan dari Kodim 0602/Serang,” ujar Tatu.

Ia menyebutkan ukuran jalan yang dibangun untuk TMMD ini adalah sepanjang 1000 meter dengan lebar 4 meter dan untuk lokasi pembangunan jalan tersebut biasanya merupakan usulan dari Kodim 0602 untuk daerah-daerah yang memiliki jalan yang rusak berat dan merupakan daerah yang terisolir atau sulit diakses.

“Panjangnya itu 1000 meter dengan lebar 4 meter dengan konstruksinya beton dan itu kerja sama dengan PU. Biasanya dari Kodim ya, biasanya pak Dandim dari Babinsa di lapangan yang melihat mana daerah yang masih sama sekali belum tersentuh dan medannya berat,” kata Tatu.

Selain pembangunan jalan, pembangunan secara fisik yaitu dengan membangun sarana dan prasaran yang ada di desa tersebut. “Kemudian yang lainnya biasanya sekalian masuk ke sarana prasarana ibadah biasanya sekalian diperbaiki terus kemudian kalau di situ ada Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) juga diturunkan,” sambung Tatu.

TMMD juga dilakukan dengan pembangunan non fisik yang biasanya bekerja sama dengan OPD terkait.

“Untuk non fisik, biasanya bekerja sama dengan beberapa dinas seperti Rutilahu dengan Perkim, sosialisasi tentang kesehatan dengan Dinas Kesehatan terus sosialisasi terkait Pendidikan dengan Dinas Pendidikan. Jadi beberapa dinas diturunkan dengan TMMD,” kata Tatu.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Kolonel Inf Suhardono menuturkan kegiatan TMMD adalah program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menjadi bagian tanggungjawab pemerintah daerah dan perlu mendapat dukungan dari masyarakat termasuk di dalamnya TNI.

“Kita bekerja sama dengan Pemkab Serang dalam pelaksanaannya,” ujar Suhardono.

Waktu pra-TMMD sendiri telah dilakukan mulai 19 Mei hingga 9 Juni, kemudian untuk pelaksanaan TMMD di mulai 15 Juni sampai 14 Juli 2021.

“Untuk anggaran program TMMD dari APBD yaitu sekitar Rp1,6 miliar. Ada pembangunan betonisasi jalan, pembuatan drainase, pembuatan MCK komunal, dan yang lainnya,” ungkap Suhardono.

(Nin/Red)