Beranda Peristiwa TKA di Citra Garden BMW Kantongi Dokumen Resmi

TKA di Citra Garden BMW Kantongi Dokumen Resmi

Konferensi pers PT Krakatau Engineering terkait keberadaan TKA di BMW Citra Toyomerto. (Wahyu/bantennews)

SERANG – PT Krakatau Steel Engineering dan Kantor Imigrasi angkat bicara soal keberadaan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok di perumahan Citra Garden BMW, Toyomerto, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten.

Kepala Imigrasi Serang, Samsul menyatakan keberadaan TKA dalam proyek tersebut sudah ditunjang dengan berkas dan dokumen yang resmi. “Keberadaan mereka sudah tercatat dan berdasarkan dokumen resmi,” ujarnya, dalam konferensi pers di aula Mapolda Banten, Jumat (8/3/2019).

Di tempat yang sama President Director PT Krakatau Engineering, Utomo Nugroho menyatakan, semua pegawai merupakan tenaga skil dan profesional yang terlibat dalam proyek blast furnance complex.

Baca Juga : Viral TKA China Diduga Banjiri Perumahan BMW di Toyomerto Serang

Proyek tersebut, kata Utomo menjadi upaya KS untuk meningkatkan efisiensi produksi baja. “Ini merupakan proyek strategis bagi Krakatau Steel karena akan mampu menurunkan biaya produksi baja dan menyeimbangkan proses produksi kebutuhan baja di hulu yang menghasilkan molten iron dengan kapasitas 1,2 juta ton per tahun,” kata Utomo.

Jumlah TKA yang terlibat dalam proyek tersebut, menurut Utomo, 80 hingga 100 TKA. Mereka terlibat dalam proyek yang dibangun oleh konsorsium MMC CERI dari Tiongkok dan PT Krakatau Steel Engineering dengan desain dari Tiongkok.

“Proyek tersebut saat ini sudah tahap akhir dan hampir selesai. Proyek ini menyelesaikan fase konstruksi, dan memasuki fase persiapan operasi. Pada saat awal operasi blast furnance dibutuhkan transfer knowladge (transfer pengetahuan) dari tenaga kerja skill dari China untuk memberikan asistensi operasi terhadap tenaga kerja lokal yang belum berpengalaman dalam mengoperasikan blast furnance,” kata dia.

Keberadaan TKA tersebut bisa mencapai enam bulan dalam proses pembangunan dan pelatihan tenaga kerja lokal. “Para tenaga kerja skill ini akan bekerja di area blast furnance complex meliputi area raw material handling, pabrik sinter, pabrik coker oven, BFC, hot stove dan HMTP dalam jangka waktu 3 sampai 6 bulan,” ujarnya. (You/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini