Beranda Kesehatan Tips Tidur Tetap Nyenyak Saat Hidung Tersumbat

Tips Tidur Tetap Nyenyak Saat Hidung Tersumbat

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti flu dan alergi. Karena bikin sakit kepala dan sulit bernapas, tidak jarang penyakit ini membuat tidur jadi tidak nyaman.

Bila kamu mengalami hal serupa, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tidur nyenyak meski sedang pilek. Apa saja itu? Simak berikut ini!

1.   Tambahkan Bantal Kepala Ekstra

Tidur telentang dengan kepala terangkat adalah posisi terbaik saat pilek. Soalnya, posisi ini akan membantu mengeringkan lendir dan mengurangi tekanan sinus. Kamu bisa menambahkan bantal kepala ekstra agar posisi kepala jadi lebih tinggi.

2.   Gunakan Humidifier di Dalam Kamar Tidur

Udara yang kering dapat mengiritasi saluran hidung dan tenggorokan. Jadi, kamu bisa menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembaban di dalam ruangan. Namun, pastikan membersihkan humidifier secara rutin agar tidak tumbuh jamur dan bakteri.

3.   Mandi Air Hangat sebelum Tidur

Mandi dan menghirup uap air hangat bisa bantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Selain itu, mandi air hangat juga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan bikin tubuh lebih rileks.

4.   Minum Air yang Cukup

Baca Juga:Permintaan Putri Candrawathi: Ingin Tidur Seranjang dengan Ferdy Sambo, Benarkah?

Minum air yang cukup bisa menjaga saluran hidung tetap lembab dan mengurangi iritasi. Oleh sebab itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air minimal 1,5-2 liter setiap harinya.

5.   Pastikan Seprai dan Sarung Bantal Bersih

Seprai dan sarung bantal yang kotor bisa memicu pilek dan alergi. Jadi, kamu harus membersihkan dan menggantinya secara rutin. Cara ini juga bisa mencegah terjadinya masalah kulit di masa mendatang.

Nah, itu dia tips tidur nyenyak ketika hidung tersumbat.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini