Beranda Kesehatan Tips Supaya Tidak Mudah Terserang Flu Saat Musim Penghujan

Tips Supaya Tidak Mudah Terserang Flu Saat Musim Penghujan

Ilustrasi - foto istimewa Tabloid Nova Online

Daya tahan tubuh perlu ditingkatkan agar tidak mudah terserang penyakit menjelang musim penghujan.

Mengantisipasi bahaya di atas banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Dikutip  dari detik.com, berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencegah masuk angin dan flu.

1. Tidur Cukup

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kat perlu ditunjang dari waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang tepat adalah selama 8 jam. Alasannya bahwa selama periode tidur yang lama, tubuh melepaskan sitokin. Sitokin adalah sejenis protein yang mengatur sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya membantu tubuh melawan infeksi.

2. Menjaga Nutrisi

Makan makanan sehat adalah cara termurah untuk melindungi Anda dari penyakit. Contohnya bisa dengan mengonsumsi sup panas atau jahe panas untuk menyegarkan tubuh. Bisa juga dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu mengusir flu dan infeksi. Makanan yang lezat dan sehat inilah yang membuat hari hujan sedikit lebih hangat.

Meski musim hujan menjadikan tubuh sulit mendapatkan asupan vitamin D, namun melalui makanan seperti tuna dan salmon vitamin D tetap bisa diperoleh tubuh.

3. Rajin mencuci tangan

Agar tidak mudah masuk angin, batuk, dan flu, mencuci tangan secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri. Cucilah tangan dengan benar dengan memberikan sabun di antara jari-jari, di bawah kuku dan bagian punggung tangan. Lalu bilas dan keringkan tangan Anda.

4. Perbanyak minum air

Tidak ada yang lebih baik daripada mimum-minuman hangat saat hujan turun. Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi tingkatkan dengan minum 6-8 gelas air sehari ditambah perasan lemon. Air hangat membuat sirkulasi darah Anda berjalan, yang mengarah ke sistem kekebalan tubuh yang kuat yang dapat melindungi Anda dari infeksi dan alergi.

5. Hindari perjalanan pada jam sibuk

Kondisi perkotaan yang padat dan curah hujan yang tinggi memungkinkan banjir datang. Oleh karenanya menghindari daerah yang macet adalah cara terbaik agar tidak terjebak dalam hujan.

6. Bawa pakaian cadangan

Karena mudah basah saat hujan, berpergian dengan pakaian basah akan mengundang virus ke dalam tubuh yang mengakibatkan demam dan flu biasa. Hal ini dapat dicegah dengan membawa pakaian cadangan untuk ganti ketika sewaktu-waktu kehujanan.

7. Ikuti perkembangan cuaca

Untuk memprediksi cuaca saat berpergian, ikuti perkembangan berita dan ramalan cuaca terbaru agar dapat memantau cuaca. Ikuti akun yang berbagi informasi bermanfaat tentang pembaruan cuaca dan lalu lintas, yang mungkin membantu menemukan rute alternatif.

8. Selalu bawa payung

Suatu keharusan saat musim hujan menyediakan payung di tas Anda. Karena hujan yang tiba-tiba dapat menyebabkan perubahan mendadak pada suhu tubuh Anda yang dapat menyebabkan demam dan masuk angin. Payung bukan hanya atribut hujan terbaik tetapi juga pelindung penyakit terhadap batuk, pilek, atau demam saat Anda kehujanan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini