Beranda Kesehatan Tips Supaya Tak Beser Saat Perjalanan Mudik

Tips Supaya Tak Beser Saat Perjalanan Mudik

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Bolak-balik ke toilet umum karena beser nampaknya menjadi hal yang tak diharapkan oleh para pemudik.

Ahli urologi dari RS Mayapada, dr dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, memberikan tips nih agar nggak gampang beser saat perjalanan mudik. Salah satunya dengan mengelola asupan cairan sebelum dan selama perjalanan.

“Perjalanan jauh sebelum berangkat minum banyak tetapi sebelum berangkat pipis dulu, dalam perjalanan minum sedikit-sedikit,” ujarnya dilansir detik.com.

dr Akbari menambahkan, perbanyak minum saat sahur. Jika memungkinkan, minum 4 gelas air. Meski ada konsekuensinya, minum banyak air saat sahur bisa membuatmu ingin pipis lebih cepat jadi bisa buang air kecil dulu di rumah.

“Bagi yang tidak berpuasa, bisa minum 1 gelas sebelum perjalanan. Minum dalam perjalanan secukupnya, 1 gelas cukup jika haus banget,” tambahnya.

Selain itu, dr Akbari menyarankan jangan mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan manis karena mengakibatkan gampang haus. Juga, hindari minuman yang mengandung efek diuretik seperti kopi, teh, atau minuman bersoda.

“Jika membawa perbekalan seperti jus buah atau teh, sebaiknya tidak terlalu manis, karena cenderung jadi haus,” pungkasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini