Beranda Kesehatan Tips Supaya Setelah Sahur Tak Bablas Tidur Lagi

Tips Supaya Setelah Sahur Tak Bablas Tidur Lagi

Ilustrasi - foto istimewa matajurnal.com

Beberapa di antara kita yang masih mengantuk mungkin akan tergoda untuk kembali tidur setelah sahur. Namun hal tersebut sebetulnya tidak disarankan karena dari sisi kesehatan sendiri menurut ahli pencernaan berpotensi menyebabkan munculnya refluks asam lambung.

“Ada sebagian orang Muslim yang langsung tidur setelah sahur. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung balik arah kembali ke kerongkongan yang pada akhirnya bisa menyebabkan masalah pada saluran cerna atas mereka,” papar Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia beberapa waktu lalu.

Nah bagaimana caranya supaya kita bisa melawan godaan untuk kembali tidur usai sahur? Berikut beberapa tips sahur seperti dikutip dari detik.com.

1. Tidur lebih awal

Pada dasarnya kemungkinan kamu merasa mengantuk karena kebutuhan tidur belum tercukupi. Oleh karena itu untuk menyiasatinya maka usahakan selama Ramadhan geser jam tidur jadi lebih awal dari biasa.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengalihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang biasa kamu lakukan di malam hari entah itu ke gym, makan malam, menonton TV, atau bersosialisasi dengan teman-teman. Pertimbangkan kegiatan mana yang dapat dipersingkat atau dilakukan pada hari-hari alternatif.

2. Minum jahe

Biasanya supaya tubuh bisa langsung terasa segar terjaga kita mengonsumsi kafein dari kopi. Namun saat sahur kopi tidak dianjurkan karena bersifat diuretik bisa membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan.

Nah untuk mengakalinya ahli nutrisi Rachel Olsen menganjurkan mengonsumsi minuman jahe. Menurut Rachel, minum jahe lebih menguntungkan dibanding teh atau kopi karena salah satunya bisa menjaga pH atau tingkat keasaman lambung.

“Bila lambung berada dalam pH yang sesuai, maka tidak cepat haus,” kata Rachel pada detikHealth.

3. Air putih

Kadang hal sederhana seperti minum air putih saja saat sahur dapat membantu tubuh kita untuk cepat kembali terjaga. Air putih membantu mengalirkan oksigen pada otak sehingga kamu menjadi lebih segar dan tidak menguap-nguap. Segelas air juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kamu jadi lebih cepat bangun, seperti dikutip dari The Daily Mind.

4. Mandi atau wudu air dingin

Air dingin dilaporkan bisa mengurangi rasa malas saat bangun di pagi hari. Jika tak memungkinkan mandi, cukup dengan berwudu dengan air dingin bisa menjadi sinyal bagi tubuh untuk segera beraktivitas.

5. Olahraga pagi

Cukup dengan jalan kaki saja sudah cukup. Berjalan kaki di pagi hari bisa membuat kamu bersemangat sepanjang hari. Sebab, ketika berjalan kaki, kita mengaktifkan sistem tubuh dengan cepat, denyut nadi meningkat, pernapasan semakin lancar dan tingkat kesadaran semakin meningkat.

Sambil berjalan kaki, otak akan berkerja dengan lebih baik karena suplai oksigen juga lancar. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini