Beranda Kesehatan Tips Supaya Olahraga Jalan Kaki Lebih Menyenangkan

Tips Supaya Olahraga Jalan Kaki Lebih Menyenangkan

51
0
Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Olahraga jalan kaki terdengar kurang menarik dan identik dengan olahraga lansia. Meski demikian, sebenarnya jalan kaki dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, turut mengamini hal tersebut.

Menurutnya, jalan kaki terlihat sangat sederhana dan efeknya tidak langsung terasa, berbeda dengan berolahraga di pusat kebugaran atau bermain futsal. Namun, manfaatnya cukup banyak bagi kesehatan tubuh.

“Banyak orang yang menganggap sepele olahraga jalan kaki. Karena sebagian besar orang beranggapan untuk mendapatkan tubuh yang sehat harus ditempuh dengan olahraga yang ekstrem, menghindari banyak makanan, dan juga mengonsumsi vitamin atau obat-obatan,” kata dr. Rio.

1. Jalan kaki yang lebih menyenangkan

Lebih lanjut, dr. Rio menjelaskan bahwa kebiasaan jalan kaki dapat memberikan manfaat kesehatan di masa depan. Oleh sebab itulah saat seorang pasien berkonsultasi, dokter sering menyarankan pasiennya untuk lebih banyak jalan kaki.

Di sisi lain, olahraga jalan kaki sering kali dianggap membosankan. Namun jangan khawatir, ikuti saran berikut ini agar momen jalan kaki jadi lebih menyenangkan:

2. Memuji orang sekitar

Menurut Sarah Scwallier, salah satu pegiat olahraga dari Westminster, Colorado, Amerika Serikat, menyapa dan memberikan pujian pada orang yang Anda lewati dapat meningkatkan  semangat untuk berjalan kaki. Bahkan, sekadar melempar senyum juga bisa memotivasi diri untuk terus jalan.

3. Catat kegiatan jalan kaki dalam jurnal

Dilansir dari Real Simple, seseorang yang mencatat kegiatan mereka saat olahraga akan lebih mungkin untuk merasakan dampak yang baik dan lebih memahami perkembangannya dari waktu ke waktu. Aktivitas ini akan terasa lebih menyenangkan ketika Anda membaca catatan terdahulu setelah mendapatkan hasil yang diperoleh.

4. Jalan bersama teman

Olahraga dengan orang lain dapat membuat Anda lebih bahagia. Anda bisa berjalan dengan orang yang berbeda di setiap sesi sebagai variasi. Jalan bersama teman sekaligus menghadirkan sosok untuk berbagi, misalnya seputar cerita kehidupan yang dialami sehari-hari.

5. Mengatur rute berbeda setiap olahraga

Pilih rute yang ingin Anda ikuti selama beberapa minggu dan catat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menempuh rute tersebut. Setelah itu, lihat baik-baik apakah Anda dapat menyelesaikan rute berikutnya dengan sedikit lebih cepat. Melihat kemajuan Anda dari waktu ke waktu pada rute dan jarak yang berbeda, dapat semakin memotivasi Anda.

6. Nikmati perjalanan, tak perlu terburu-buru

Tentukan kecepatan berjalan kaki agar lebih menyenangkan. Jalan kaki sangat baik untuk tubuh dan pikiran, bahkan ketika Anda tidak mengeluarkan keringat. Pilihlah kecepatan langkah yang terasa menyenangkan bagi Anda dan lakukan secara rutin agar lebih terbiasa.

Segudang manfaat jalan kaki untuk tubuh

Jangan salah, jalan kaki dapat memberikan segudang manfaat untuk tubuh Anda. Berdasarkan penuturan dr. Rio, berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahragaini:

1. Melawan gen yang membuat berat badan mudah naik

Peneliti di Fakultas Kedokteran Harvard University menemukan fakta bahwa terdapat 32 gen yang berperan dalam terjadinya obesitas pada lebih dari 12.000 orang. Responden yang memiliki kebiasaan berjalan kaki setidaknya satu jam setiap harinya berhasil mengurangi hingga setengah risiko dari gen yang menyebabkan obesitas. Dengan kata lain, berjalan kaki mampu mengurangi risiko obesitas.

2. Mengurangi risiko terjadinya kanker payudara

American Cancer Society meneliti bahwa wanita yang memiliki kebiasaan berjalan kaki selama tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko kanker payudara 14 persen lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang hanya berjalan kaki sekitar tiga jam dalam seminggu.

3. Mengurangi nyeri sendi

Telah banyak studi yang menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi nyeri yang berkaitan dengan peradangan sendi atau artritis. Selain itu, berjalan kaki sejauh delapan hingga sepuluh kilometer dalam seminggu terbukti dapat mencegah terjadinya peradangan sendi.

4. Mencegah penyakit kronis dan berbahaya

Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari selama 5 hari dalam seminggu, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kolesterol dan tekanan darah tinggi hingga mencapai 50 persen. Selain itu dengan cara yang sama, Anda juga dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe dua.

Walaupun terkesan santai dan tidak menghasilkan banyak keringat, jalan kakiternyata bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Lakukan berbagai tips di atas agar olahraga jalan kaki Anda menjadi lebih menyenangkan. Hidup sehat juga bisa dilakukan seseru ini, lho! (Red)

Sumber : Klikdokter.com