Beranda Pariwisata Tips Supaya Kulit Tak Gosong Saat Berlibur di Pantai atau Gunung

Tips Supaya Kulit Tak Gosong Saat Berlibur di Pantai atau Gunung

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Saat wisata ke pantai atau gunung, ada saja wisatawan yang kulitnya terbakar bahkan sampai gosong.

Seperti diungkapkan Linda saat liburan selama empat hari di Labuan Bajo, Manggarai Barat dan selalu terpapar matahari di pantainya. Setelah balik ke Jakarta ia tak terlihat gosong sama sekali. Apa rahasianya?

“Aku selalu pakai aloevera dan sunblock di pagi hari setelah mandi. Kalau untuk cewek pakai makeup dan foundation mengandung SPF (sun protector factor),” jelas Linda Agustina (30).

Untuk diketahui, Linda kini bekerja di perusahaan swasta yang membidangi pemetaan atau mapping. Ia juga punya hobi naik gunung, traveling, dan diving. “Pernah suatu hari aku ikut lomba makeup dan jadi tahu tentang makeup juga skincare. Lalu ada side job MUA (makeup artist),” terang dia seperti dilansir detik.com.

Mari kembali ke tips agar kulit tak gosong saat main di pantai dalam waktu yang lama di siang hari. Kata Linda, setiap kali pindah spot atau pantai ia memakai lagi sunblock-nya dan untuk perjalanan di Labuan Bajo beberapa waktu lalu ia rata-rata memakai tiga kali.

“Selesai beraktivitas dan setiap habis mandi dibalurin aloevera di sekujur tubuh. Gunanya aloevera mendinginkan kulit yang terpapar panas matahari,” jelas dia.

“Itu juga menghindari kadang-kadang kita perih kalau kena sinar matahari,” imbuh Linda.

Lalu, ada tambahan perawatan bagi para perempuan. Kata Linda, setelah aktivitas liburan itu usai harus diiringi dengan memakai masker atau facial.

“Itu yang paling gampang dilakukan di rumah. Gunanya itu untuk mengangkat kulit mati,” ujar dia.

Lalu apa bedanya penggunaan sunblock di pantai dan gunung? Linda mengatakan bahwa jika ia di gunung tak pernah memakai make up karena sulit untuk dibersihkan.

“Bedanya kalau di gunung jarang mandi dan mesti dilihat pula ada gunung tertutup hutan dan terbuka. Kalau tertutup ya aman. Biasanya cuma pakai sunblock dan topi tanpa makeup,” jelas dia.

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan lip balm. Lalu yang terakhir minum air putih.

“Kalau untuk cewek biasanya sudah ada di lipstiknya. Lalu minum air yang banyak biar badan segar dan nggak pecah-pecah di bibir,” pungkas dia.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ