Beranda Ramadan Tips Supaya Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Ramadan Tercukupi

Tips Supaya Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Ramadan Tercukupi

Ilustrasi - foto istimewa istockphoto.com

SERANG – Saat puasa Ramadan, kecukupan nutrisi sangat dibutuhkan agar tubuh tetap dalam keadaan fit dan sehat selama menjalani ibadah puasa satu bulan penuh.

Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dana Ryan menyampaikan beberapa panduan bagaimana menjaga asupan nutrisi berkualitas sebagai kebiasaan selama Ramadhan.

“Saya tahu bahwa ini bisa menjadi sangat menantang. Namun, terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi tubuh merupakan hal yang sangat penting selama berpuasa,” ungkap Dana Ryan melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

 

Nah berikut beberapa tips yang dapat membantu menjaga asupan nutrisi yang berkualitas selama bulan Ramadhan menurut Dana Ryan.

Mengonsumsi protein yang cukup

Fokus pada mikronutrisi, untuk membantu tubuh dapat mengatur semua proses kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Menjaga tubuh tetap aktif, akan membantu meningkatkan energi dan membantu kesehatan mental, dengan menggabungkan gerakan dengan nutrisi yang baik bekerja sama.

Selain itu, Dana juga menjelaskan derrtan nutrisi yang sebaiknya dipenuhi saat berpuasa. Berikut daftarnya.

Protein terdiri dari asam amino, protein dan asam amino ini adalah bahan utama untuk pertumbuhan sel otak, sel kulit, sel otot dan organ kita. Ketika kita mengonsumsi protein makanan, tubuh kita akan memecah menjadi asam amino individu selama pencernaan.

Kemudian menggunakan asam amino ini untuk membuat protein baru di seluruh tubuh. Sangat penting untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang dibutuhkannya untuk berfungsi.

Setelah memahami peran protein dalam tubuh, ada 3 manfaat utama protein.

Untuk membantu menjaga rasa lapar, protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan mengonsumsi protein dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme.

Meningkatkan metabolisme membantu Anda membakar kalori lebih cepat, dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak tubuh.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan kelompok nutrisi utama dan menyediakan energi bagi tubuh sebagai glukosa (gula darah). Berikut manfaat utama karbohidrat bagi tubuh antara lain;

Sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Menyediakan fitonutrien dan antioksidan.

Menyediakan serat.

Memberi rasa kenyang lebih lama.

Lemak

Lemak merupakan nutrisi utama seperti karbohidrat dan protein, tetapi jumlah kecil yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pola makan yang tepat dan lemak juga dibutuhkan untuk memberi energi (kalori) pada tubuh.

Memilih makanan yang mengandung lemak Omega-3 dibandingkan Omega-6 akan lebih baik sehingga dapat membatu Anda memberikan tubuh nutrisi yang cukup dan memberikan energi. Lemak Omega 3 dapat ditemui pada kacang almon, ikan salmon, alpukat, dan minyak zaitun.

Vitamin dan Mineral

Vitamins dan mineral dapat mendukung pertumbuhan, dan pemeliharaan fungsi tubuh secara alami.

Ada dua kategori vitamin yaitu larut dalam air dan larut dalam lemak, untuk kategori larut dalam air tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi terlalu banyak, dan jika mengonsumsi terlalu banyak tubuh akan membuangnya. Vitamin tidak menghasilkan energi (kalori) dan bisa hilang selama penyimpanan dan proses pengolahan.

Sementara untuk vitamin yang larut dalam lemak antara lain Vitamin A, D, E dan K. Dalam proses penyerapan tubuh membutuhkan lemak dalam jumah kecil, kandungan vitamin ini tidak hilang selama proses pengolahan dan penyimpanan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini