Beranda Gaya Hidup Tips Supaya Karirmu Sebagai Anak Magang Diangkat Menjadi Pegawai Tetap

Tips Supaya Karirmu Sebagai Anak Magang Diangkat Menjadi Pegawai Tetap

236
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Memang untuk mengubah status dari anak magang menjadi karyawan tidaklah mudah. Kamu harus menyadari bahwa magang bukan hanya belajar, tetapi sudah masuk pada tahap bekerja sebagai profesional.

Buat kamu yang ingin mengubah dari status magang menjadi karyawan di tempat magang, bisa terapkan hal berikut

Arti karir setiap orang berbeda-beda. Karir adalah suatu tujuan yang kita impikan, melakukannya dengan sepenuh hati, serta menuangkan seluruh gagasan dan kerja keras untuk sesuatu yang kita kerjakan. Dalam dunia kerja, jenjang karir sangatlah penting. Seorang karyawan profesional biasanya melihat jenjang karir sebagai target atau tujuan dalam melakukan pekerjaan. Agar dilirik si bos dan ditawari posisi sebagai karyawan tetap, coba ikuti tips ini.

1. Datang Tepat Waktu

Datang terlambat ke kantor setiap hari dapat membuat kamu mendapat masalah di kantor. Apalagi kamu masih berstatus anak magang, pasti akan mendapat kesan buruk untuk naik level menjadi karyawan tetap. Usahakan datang minimal 30 menit sebelum jam kerja dimulai. Datang lebih awal akan membuat kesan baik di mata atasan kamu. Datang tepat waktu juga merupakan salah satu wujud dari pribadi yang disiplin, menghargai waktu, serta merupakan tanda keseriusan kamu untuk belajar dan bekerja secara profesional.

2. Berpakaian Rapi

Penampilan merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan ketika pergi ke kantor. Berpakaian rapi bukan berarti harus berpakaian yang bermerek dan mahal, tetapi berpakaianlah layaknya pakaian untuk bekerja.

Berpakaian kerja yang tidak tepat, dapat membuat kamu merasa canggung. Oleh karena itu semakin baik penampilan, maka kamu juga akan semakin percaya diri. Berpakaian dengan rapi dan sopan juga dapat menunjukkan profesionalisme karir kamu.

3. Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Kerjakan semua tugas yang diberikan oleh bos kamu dengan baik dan usahakan selesaikan tepat waktu. Tapi, jangan asal cepat selesai dan melupakan kualitas kerja kamu. Pastikan pekerjaan kamu dikerjakan dengan cermat dan teliti. Catatlah bagian yang harus dikerjakan terlebih dulu. Fokuslah pada apa yang seharusnya bisa dikerjakan terlebih dulu dan lakukan manajemen waktu untuk menjaga disiplin.

4. Aktif di Kantor

Menjadi seorang yang aktif dan menunjukkan antusias dalam karir bisa menjadi nilai tambah yang menguntungkan diri kamu. Jika ada rencana makan-makan di luar atau kegiatan karaoke karyawan kantor, jangan pernah sungkan jika kamu diajak ikut. Jangan karena rasa malu atau tidak enak atau canggung, kamu beralasan dan akhirnya tidak ikut. Begitu juga jika kamu memiliki ide atau masukan yang dibutuhkan rekan kantor, jangan malu untuk mengungkapkan pendapat. Dengan melakukan hal ini, karyawan kantor akan lebih mengenal dan mengapresiasi kamu.

5. Berperilaku Baik

Sikap dan perilaku yang baik akan sangat penting untuk kamu miliki. Segala kemampuan, kelebihan dan kecerdasan akan menjadi sia-sia bila tidak memiliki sikap yang baik dan dewasa dalam bergaul di lingkungan kerja. Anak magang jutek pasti disebali kan? Tidak ada juga yang ingin menegur atau bersahabat dengan orang yang ketus dan pendiam. Jika ingin meninggalkan kesan baik, cobalah lebih ramah dan rendah hati pada semua rekan kerja. (Red)

Sumber : beautynesia.id