Beranda Gaya Hidup Tips Supaya Gajian Menjadi Berkah

Tips Supaya Gajian Menjadi Berkah

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Pernahkah kamu merasa galau saat gaji hanya numpang lewat saja? Baru beberapa hari setelah Pay Day, eh isi saldo sudah tipis lagi.

Padahal, kebutuhan hidup nggak hanya berkutat pada transportasi, makan dan lifestyle aja lho.

Kalau begini terus, yakin lima tahun lagi masih bisa menikmati penghasilan kamu selama ini? Jangan biarkan gaji hanya numpang lewat doang, gunakan penghasilanmu untuk hal yang bermanfaat dan pastinya sesuai dengan syariat agama.

1. Sisihkan Penghasilan untuk Menabung

Jika ada sisa dari uang bulanan, sebagian orang biasanya baru terpikir untuk ditabung. Lalu, kalau uang bulanan habis, nggak bisa nabung dong? Cara lama ini perlu kamu hentikan, ya.

Kemudian sisihkan dahulu penghasilan yang kamu miliki untuk ditabung. Paling tidak 20 sampai 30 persen dari penghasilanmu.

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta gaya hidup. Bagi kamu yang masih single dan punya penghasilan cukup besar, sebaiknya porsi nabung juga ditambah, ya.

2. Mulai Investasi untuk Masa Depan

Sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk masa depan? Sebagian orang ‘terjebak’ dengan hidup from paycheck to paycheck, yang artinya hanya bergantung pada gaji.

Padahal, kamu perlu perlu mempersiapkan masa depan untuk mempersiapkan rumah sendiri, menunaikan ibadah haji/umroh hingga menikah dengan pasangan. Yakin, semua itu sudah dipersiapkan?

Kamu bisa mulai mempersiapkan masa depan dari sekarang lewat investasi. Mulai dari Reksa Dana, Emas, Tabungan Jangka Panjang hingga Sukuk Tabungan yang kini banyak diminati.

Jika masih bingung, kamu bisa mengunjungi bank syariah pilihanmu untuk mengetahui jenis investasi yang paling cocok.

3. Jangan Lupa Sedekah 2,5% dari Penghasilan

Bersedekah saat dianjurkan dalam Islam, karena pada sebagian harta adalah milik orang lain. Sisihkan 2,5 persen dari penghasilan untuk disumbangkan ke anak Yatim Piatu dan orang yang membutuhkan.

Biar nggak lupa, kamu juga bisa mencari badan amal untuk menyalurkan uangmu pada pihak yang tepat. (Red)

Sumber : dream.co.id

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini