Beranda Gaya Hidup Tips Singkirkan Badmood Saat Bangun Tidur

Tips Singkirkan Badmood Saat Bangun Tidur

136
0
Ilustrasi - foto istimewa soha.vn

Jika tak segera diatasi, mood buruk saat bangun tidur bisa merusak keseharianmu nantinya dan membuatmu tak lagi produktif.

Rasa ‘bete’ ini kerap dikaitkan dengan fase sleep inertia. Menurut Huffington Post, sleep inertia merupakan periode transisi rasa pening yang umumnya berlangsung selama lima hingga 20 menit setelah orang bangun tidur, kadang bisa lebih lama.

“Proses bangun tidur itu lambat, tidak seperti tombol lampu, lebih lambat (dari itu). Rasa ini tidak menyenangnkan, namun bukan berarti mengindikasikan seseorang tidurnya tidak bagus,” terang Allison G Harvey, PhD, profesor psikologi di University of California dilansir detik.com.

Meski bisa jadi memang disebabkan karena tidak tidur cukup dan merasa lelah, namun mood buruk ini juga bisa menjadi gejala karena sikap buruk soal hari itu. Misalnya ada kejadian yang tidak menyenangkan.

Agar tak merusak harimu, ahli kebahagiaan Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project, menyarankan menambahkan sedikit hal-hal yang kamu sukai di dalam rutinitas keseharianmu.

Misalnya, berangkat kerja lebih pagi untuk bisa membereskan pekerjaan yang tersisa atau mengawali hari dengan mengobrol bersama rekan kerja. Jangan mulai pekerjaan ‘ngebut’, berilah waktu pada dirimu untuk kembali masuk ke lingkungan kerja yang bisa menjadi lingkungan yang bisa membuat sangat stres.

Kemudian saat bangun tidur, kamu bisa membuat dirimu lebih siap dan menyingkirkan mood yang memburuk dengan membuka pintu atau jendela untuk membiarkan sinar matahari masuk, berjalan ringan selama 30-60 menit di luar rumah atau di ruangan kamar yang terkena cahaya paling terang.

Lalu biasakan melakukan aktivitas pagi, misal menyiapkan sarapan, membersihkan tempat tidur, dan juga prioritaskan melakukan kontak sosal. Prof Harvey juga menyarankan meminum kopi untuk melawan fase sleep inertia.

Yang paling penting menurut para ahli adalah pastikan kamu tidur yang cukup dan selalu punya alasan bagus untuk bangun dari tempat tidur. Jika kamu masih mengantuk, jangan bermalas-malasan. Segeralah bangun dari tempat tidur dan bergerak, dan sudah pasti, mood yang buruk itu tidak akan menghampiri.

(Red)